Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
24
Des '05

Wisata Rohani di Tarutung



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Salib KasihWisatawan di Tarutung, Sumut, dapat menikmati berbagai objek wisata seperti wisata rohani di Monumen Salib Kasih di puncak Dolok Si Atas Barita hingga mencicipi air soda di kolam air soda di Desa Parbubu.

Kota Tarutung di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, tak hanya dikenal dengan legenda Sisingamangaraja, raja Batak yang konon sakti dan kebal peluru. Namun daerah yang dicapai sekitar lima jam perjalanan dari Medan ini juga identik dengan wisata rohani umat Nasrani. Salah satunya adalah bukit Monumen Salib Kasih di puncak Dolok Si Atas Barita.

Pengunjung yang berjalan menuju puncak bukit akan menemui sejumlah objek menarik. Di sepanjang perjalanan, terdapat sejumlah prasasti bertuliskan ayat Al Kitab. Ayat ini ditulis agar pengunjung yang tidak bosan dan dapat membacanya sembari mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Letak prasasti ini juga diatur sedemikian rupa. Pepohonan yang tinggi juga membuat udara di daerah menjadi sejuk. Hawa ini membawa pengunjung makin mendekatkan diri pada kasih Yesus.

Selain itu, sebuah Taman Kenangan tampak dibangun di jalan ke puncak. Pada taman ini, wisatawan dapat meninggalkan cenderamata mereka di sini. Setiap pengunjung yang berniat membikin suvenir seperti batu prasasti bertulis nama pribadi dapat menaruhnya di sini. Inilah mengapa tempat ini disebut Taman Kenangan sehingga pengunjung dapat melihatnya.

Beberapa saat setelah melewati Taman Kenangan, sampailah wisatawan di Salib Kasih. Mulanya monumen ini dibangun untuk mengenang pendeta Ingwer Ludwig Nommensen. Misionaris Jerman ini memiliki jasa besar menyebarkan agama Kristen di Tanah Batak, sekitar 1860-an. Saat itu, penduduk daerah ini sebagian besar masih menganut paham animisme.

Monumen cukup mencolok tingginya yakni sekitar 31 meter. Di bawahnya disediakan tempat duduk terbuka untuk acara kebaktian. Tempat duduk mampu menampung lebih 600 jemaat. Biasanya banyak umat yang datang pada Kebaktian Minggu atau perayaan Natal. Bahkan buat jemaat yang ingin berdoa lebih khusyuk, pengelola setempat juga menyediakan 13 kamar doa. Ruang 2 x 2 meter ini dapat digunakan siapa pun tanpa adanya pembatasan waktu.

Selain monumen ini, Tarutung juga mempunyai objek wisata lain seperti sumber Air Panas Sipoholon yang terletak di perbukitan kapur. Suhu air disebut bisa mencapai 70 derajat Celcius. Kandungan sulfur dan soda di tempat ini juga dipercaya masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Jika naik ke atas bukit, maka akan terlihat air panas yang menggelegak dan membentuk ukiran batu kapur. Hati-hati saat mendaki karena jalan ke atas cukup licin. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan bukit ini sebagai tempat penambangan kapur. Selain itu, penduduk juga menggunakan sumber air panas untuk membikin kolam pemandian.

Seorang pemilik kolam mengaku telah membuka usaha sejak 11 tahun silam. Pemilik kolam ini menyatakan menarik bayaran Rp 2.000 untuk tiap orang yang mandi di kolamnya. Disediakan pula kamar khusus dan sejumlah fasilitas lain untuk makan dan minum bagi wisatawan. Umumnya usaha kolam air panas di daerah ini telah dibangun sejak dekade 80-an.

Ada baiknya wisatawan juga merasakan kolam air soda di Desa Parbubu, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Tarutung. Kolam ini disebut air soda sebab rasanya memang seperti soda. Mandi di tempat ini juga dipercaya dapat menyembuhkan aneka penyakit kulit. Air soda cukup unik dan seolah-olah mendidih dari permukaan tanah. Akan tetapi sejuk dan bening. Mumpung masih di Tarutung, tak ada salahnya dicoba!

Sumber : (MAK/Tim Liputan 6 SCTV) Tarutung


Ada 18 tanggapan untuk artikel “Wisata Rohani di Tarutung”

  1. Tanggapan HIRO SIBOR:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Kalo ingat ke Tarutung ,aku pasti ingat Salib Kasih..yang merupakan suatu objek wisata Rohani anak anak Tuhan.kebetulan saya baru pertama sekali dateng ke Sipholon dan mampir ke Salib kasih dan kebetulan sekali bersama dengan orang yang aku kasihi/cintai,,anda bisa bayangkan betapa indahnnya ciptaan Tuhan di Tapanuli,,Udara yg sejuk ,pemandangan indah (kalo nda kabut) dan jalan yg muter muter,,dan paling Utama Rumah Doanya..So..jikalo ada umur panjang datang dan nikmati apa yg anda inginkan dari sana.
    karena cinta kasih terjalin disana,,, Terima kasih..

  2. Tanggapan BOY SAMOSIR:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Horas Tano Batak!!!Rura Silindung Nauli..,begitulah orang2 memujimu.Aku adalah putra yg berasal dari rura itu.Indahnya Panoramamu membuat semua orang tidak dapat melupakanmu.Satu yg tidak bisa lepas darimu,tempat asal mulanya org batak jd kristen.Terkenal bahwa tarutunglah pusat Gereja HKBP Se-Dunia.Salib Kasih yg begitu kokoh membuktikannya.tapi apakah Semua putra/putri batak yg berasal dr Tarutung memperhatikanmu?Tarutung akan tercapai sbg kota wisata iman apabila semua lapisan masyarakat batak turut mendukungnya.dan juga perhatian dr pemerintahnya.marilah kita semua memberikan perhatian kepada salib kasih.kita jadikanlah Salib Kasih menjadi salah satu tujuan utama WISATA IMAN DUNIA.dengan didukungnya keadaan alam yang merupakan Anugerah Tuhan Y ang Memiliki kelebihan dr daerah manapun.yakni,AEK RARA(AIR YG MEMLIKI KESAMAAN DGN SODA),AEK RANGAT(AIR PANAS),AEK SIGEAON,DAN AEK SITUMANDI.Marilah Kita sama2 membangunnya.MAULIATE.HORAS

  3. Tanggapan Rayendra L. Toruan:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Jangan latah!

    Taman Wisata Iman di Dairi dan Salib Kasih di Tarutung cukup baik dikembangkan sebagai obyek yang bisa dijadikan untuk mempertebal iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan rasa cinta tanah air khususnya ke tano Batak.

    Kembangkan dan rawatlah yang sudah dibangun itu, akan tetapi daerah-daerah lain khususnya di kabupaten lain yang populasinya mayoritas Batak (Toba, Simalungun, Karo, Mandailing (?), Pakpak, Nias (?)) nggak usah latah membangun obyek sejenis. Buat/ciptakanlah sesuatu yang berhubungan dengan daerah itu.

    Saya ada ide untuk Pulau Samosir/Toba…apakah ada di antara Anda bisa diajak kerjasama khusunya mereka yang mempunyai dana untuk diinvestasikan di Pulau Samosir? Kita bertukar gagasan dulu. Jika ingin kontak silakan hubungi saya.

    Horas,

    Rayendra L. Toruan
    Editor buku manajemen, pasar modal, keuangan keluarga
    pada PT Elex Media Komputindo (Kelompok KOMPAS GRAMEDIA Jakarta)
    Email: rltoruan@elexmedia.co.id

  4. Tanggapan Roida damayanti butar-butar:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Syalom untuk semuanya…….Salib Kasih adalah tempat wisata yang paling aku kagumi,karena kasih itu terpancar di tempat itu.Itu adalah tempat yang tidak aakan aku lupakan sepanjang hidupku.Aku mempunyai keinginan untuk mengunjunginya lagi kalau aku sudah berkeluarga……so pasti dengan anggota keluargaku.Salib kasih is most beautiful.GOD BLESS US 4EVEER.

  5. Tanggapan Benget.simatupang:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    hai semua masyarakat tarutung saya hanya bilang supaya salib kasih itu di jaga dan di perbagus supaya ada kebanggaan masyaralat tarutung dan akan selaluh di kenang oleh semua dunia dan menjadi tempat wisata rohaini yang nyaman dan membawah hikma pada setiap orang yang datang ke salib kasih itu.terima kasih banyak semua salam buat kawan-kawan yang lain.

  6. Tanggapan Haloho.P:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Semua marga harus saling menghargai buah pikiran dan mengambil mufakat untuk yang lebih sempurna .. Horas

  7. Tanggapan Lompo Situmeang:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Saya asli orang Tarutung,saya bergerak di dunia pariwisata, saya sangat kasihan atas kinerja pariwisata taput yang mana objek wisata air panas sipoholon tidak dijaga betul, karena itu adalah salah satu objek wisata yang sangat menarik utk turis mancanegara pd umumnya eropah,tp sekarang apa yang dapat kita lihat,yang ada hanya kedai kopi mau lihat ke atas pun tak bisa lagi, Dulu sewaktu saya sering bawa turis kesana tamunya sangat terkesan,tp skg bila mau ke atas tamu sdh malas sudah terhalang jalan.
    semoga dinas pariwisata taput dapat menanggapi hal ini……..,”songon dia ma ro turis olo stop di huta taon siberengon dang adong……..
    salam parhorasan

  8. Tanggapan Liani:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Salib kasih….
    saya pernah sekali berkunjung ke sana,
    sekitar tahun 2004.
    Kira-kira ada kesempatan ga ya, untuk PKL ke sana??
    Kalau ada info tolong kasi yau saya ya.

  9. Tanggapan rommel simanjuntak:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Salib Kasih…
    saya pernah sekali berkunjung pada waktu saya masih
    sekolah di balige pada thn 2005,saya sangat senang
    sakali waktu udah yampe di atas.mungkin saya akan mampir
    ke situ klo pulang dari Jakarta ini.Horasssss

  10. Tanggapan Martha Simanjuntak:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    So Beatiful and amazing!!!!
    Pertama datang ke kota tarutung, sudah membuat kagum karena kondisi kota itu yang sangat sejuk dan berasa di rumah sendiri. dari kejauhan sudah kelihatan salib kasihnya, kecil banget….tapi waktu sudah sampai (tinggi kali tempatnya) salibnya besar banget….rasanya mau menangis, karena terharu bahwa beruntung banget masyarakat tarutung boleh diberikan berkat TUHAN YESUS yang luar biasa..

    Pengen banget kesana lagi, berdoa lagi, semoga secepatnya!!!
    GBU all

  11. Tanggapan mawar siregar:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Horas…
    kalau saya boleh kasih tanggapan, gimana kalau di daerah Salib Kasih itu dibangun sebuah restoran atau rumah makan supaya orang yang berkunjung kesana bisa beristirahat disana dan bisa mendapatkan income jg. dan nuansa2 batak di bangun disana agar suasannya enak dipangdang, karna waktu saya berkunjung kesana belum ada satupun tempat untuk beristirahat dan santai sesudah kebaktian. itu saja. terima kasih. Horas

  12. Tanggapan Doan Mario Siregar:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Tarutung is a beatiful city, gw seneng banget bisa jln2 k tarutung pa lagi ke Salib Kasihnya,wow Amazing..salute deh bwt Salib Kasih.. oh ya,klo dgr ttg tarutung gw jd inget sama paribanku yang cantik itu,lagi ngapaian ya dia????heheheh….

  13. Tanggapan Eddi J Manurung:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Horas…….
    Tarutung na uli,dengan berdirinya salib kasih d simorangkir membuat kota tarutung terkenal diseluruh dunia.Semoga salib kasih ini dirawat dengan baik dan kalau boleh para pemuda diharapkan jangan merusak lingkungan.

  14. Tanggapan Rocky Takela Simanjuntak:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Saya sangat senang dengan adanya informasi tentang salib kasih ini.
    Saya seorang mahasisiwa tingkat I yang sedang menjalani study di politeknik informatika Del. dalam study, saya mendapat tugas untuk membuat sebuah website untuk salib kasih.tugas ini adalah tugas akhir tahun yang syarat untuk dapat melanjut ke tingkat dua.
    saya merasa sangat terbantu dengan adanya informasi ini. Saya sangat mengharapkan informasi tambahan yang dapat menjadi bahan referensi untuk penyelesaian tugas pembuatan website tentang Salib Kasih ini.
    terimaksih, Horas!
    Syalom…

  15. Tanggapan ERWADI MANURUNG:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Smoga di kemudian hari Salib Kasih menjadi objek wisata rohani yg diminati oleh sluruh dunia.Dan q berharap warga Tarutung tetap menjaga dan melestarikan Salib Kasih.Mauliate sian Anak Tarutung Horas……………..

  16. Tanggapan Roida damayanti butar"KA LP3I POLTEK BANDUNG.:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Kalau mengenai salib kasih…aku paling suka.Karena sampai saat ini aku punya keinginan untuk pergi kesana,terutama dengan kekasih aku…tapi aku belum menemukan kekasih yang paling cocok untuk aku.Kalau pasangan itu udah aku temukan, aku akan pergi ke tempat itu bersamanya.Salib kasih benar-benar indah.Semoga impian aku terkabul.Amin. Aku titip salam untuk orang yang aku sayangi..yaitu A.MANALU yang kuliah di fakultas theologia tarutung.fROM IDA butar”.GBUS.

  17. Tanggapan tumbur p.situmorang:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Bripda. Tumbur P. Situmorang, SE / Alumni SMU N 1 Tarutung 2001 - Pontianak : bahagia rasanya bisa melihat foto2 tarutung dan tahu kabarnya. bagi teman2 “partarutung”, jangan lupa pada membangun bona pasogit,-

  18. Tanggapan Riris Melati Sinaga:

    Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

    Saya asli orang siborongborong.tahun 2004 saya berkunjung keSalib kasih bersama teman. Salib kasih itu sungguh indah dan luar biasa.apa yang ditampilkan disana benar2 membuat kita makin dekat dengan Tuhan.dan fasilitas yang disediakan juga lumayan bagus.saya sering teringat akan salib kasih apalagi saya jarang kesana karna ada diperantauan di Banda Aceh. saya hanya berharap Salib kasih jadi berkat buat semua orang dan nama Tuhan semakin dipermuliakan.Tuhan Yesus Memberkati

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Kejari Tarutung Panggil Pimpro Rehab Polindes Dinas Kesehatan Humbahas

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Pemerintah Harus Ubah Sistem Pengupahan UMP [Upah Minimum Propinsi]