Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
23
Des '05

Mabes Polri Dilibatkan


Tim Laboratorium Forensik dari Markas Besar Kepolisian RI dikirim untuk membantu penyelidikan penyebab kebakaran Hotel King dan Pusat Perbelanjaan Pulau Mas Plasa, Palembang. Besarnya tingkat kerusakan dan luasnya gedung membuat Labfor Mabes Polri diperlukan karena memiliki teknologi yang tinggi.

Menurut Kepala Kepolisian Kota Besar (Poltabes) Palembang Komisaris Besar Wakin Mardiwiyono, Kamis (22/12) di Palembang, di gedung yang terbakar terdapat banyak barang yang terserak sehingga dibutuhkan keterampilan khusus menentukan penyebab kebakaran secara tepat. Kehadiran tim Labfor Mabes Polri diharapkan mempercepat penyelidikan yang dilakukan tim Labfor Polda Sumsel.

Kecepatan penyelidikan itu diperlukan agar kecurigaan beberapa orang mengenai adanya unsur kesengajaan dalam musibah itu segera terjawab. Hasil penyelidikan mengenai penyebab kebakaran juga diperlukan untuk berbagai kepentingan lanjutan, seperti klaim asuransi.

Penyelidikan itu, kata Wakin, juga dilakukan untuk membuktikan kesaksian beberapa orang yang melihat kejadian itu pertama kali. Sampai sejauh ini polisi telah minta keterangan dari delapan orang yang menyatakan api berasal dari lantai satu.

Kebakaran itu terjadi Selasa (20/12) malam dan baru dapat dipadamkan total Rabu siang. Akibatnya, seluruh isi pusat perbelanjaan dan hotel luluh lantak. Seorang tamu hotel berkewarganegaraan Malaysia meninggal serta 12 tamu lainnya luka berat dan ringan.

Sampai Kamis, berdasarkan hasil penelusuran dan evakuasi di lantai satu sampai tujuh gedung itu, korban luka dan meninggal tidak bertambah. Namun, banyak barang sisa kebakaran yang berserakan. Banyaknya barang yang terbakar diperkirakan akan menyulitkan penyelidikan asal api.

Sementara itu, Toko Buku Gramedia yang bersebelahan dengan gedung itu masih tutup sampai saat ini. Menurut Kepala TB Gramedia Palembang, Benny Silaban, penutupan itu dilakukan agar Divisi Bangunan Kelompok Kompas Gramedia dan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya dapat mengetes kualitas beton yang terjilat api.

Sumber : (eca) Harian Kompas, Palembang


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Mabes Polri Dilibatkan”

  1. Tanggapan Fajar Nindyo:

    Pemeriksaan Labfor dalam konteks asuransi akan sangat berguna dalam menentukan apakah kasus klaim tersebut dapat dibayarkan oleh perusahaan asuransi atau tidak. Jika terdapat unsur kesengajaan (deliberate action) oleh Tertanggung atau karyawan nya, maka perusahaan asuransi tidak akan liable terhadap kerugian yang dialami Tertanggung.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.