Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
2
Des '05

Berdayakan Petani, Dinas Pertanian Simalungun Gaet Swasta



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Agar petani tetap berdaya, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Simalungun memfasilitasi keikutsertaan swasta dalam pola usaha tani. Salah satu program yang dilakukan adalah dengan corporate farming (CF).

Menurut Plh Kadis Pertanian Simalungun, John Effendi Purba, dengan CF peran pengusaha swasta adalah sebagai bapak angkat, sementara Pemkab Simalungun menjadi fasilisator mempertemukan swasta dengan petani.

Sampai saat ini, berkat program CF petani yang sudah merasakan manfaatnya adalah petani jagung dan padi. Petani di Kecamatan Tanah Jawa, misalnya, telah memiliki bapak angkat PT Jie Brothers, sebuah kilang padi yang telah memodali kredit usaha tani.

Kemudian di Kecamatan Bandar Huluan, Kilang Padi Cahaya juga menyatakan berminat menjadi bapak angkat bagi enam kelompok tani dengan anggota ribuan petani. Menurut Kepala Cabang Dinas (KCD) Pertanian Kecamatan Bandar Huluan, M Silaban, pihaknya sebagai perpanjangan pemerintah mengupayakan pemberian penyuluhan bagi kelompok tani yang ikut program CF. Dia mengatakan, dalam pola kerja sama ini petani mendapat kucuran kredit ketahanan pangan dari BRI dengan penjamin Kilang Padi Cahaya.

Sementara itu, pemilik Kilang Padi Cahaya, Kwik Harianto menjelaskan, jumlah lahan petani yang diikutkan dalam program CF adalah 50 hektar jagung dan 500 hektar padi. Program bapak angkat ini, menurutnya, telah dimulai sejak Maret 2005 dan petani sudah menikmati hasilnya, yakni satu kali musim panen.
Kwik mengatakan, dalam CF ini dirinya sebagai bapak angkat akan menjamin seluruh kebutuhan usaha tani seperti saprodi pertanian, pupuk dan obat-obat pertanian. Kemudian hasil panen ditampung dengan harga yang berlaku saat panen. “Hingga kini petani tidak ada yang mengeluh soal harga, malah mereka terbantu,” katanya.

Sumber : (Jannes Silaban) Medan Bisnis – Simalungun


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Pemerintah Perlu Dorong Pelaku Jasa Konstruksi Agar Bisa Bersaing di Pasar global

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » 60 Tahun Departemen PU [Pekerjaan Umum] Berbakti Kepada Bangsa