Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
30
Nov '05

Dua PNS Pemkot Terpental Calon Dirut PDAM


Ir Indra Rini Kepala Instlasi Ngagel III Melaju

Dua pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot yang ikut tes rekrutmen Dirut PDAM terpental, karean gagal dalam tes manajerial dan satunya tidak punya pengalaman memimpin perusahaan.

Kedua pejabat itu masing-masing, Ir Purnomo dari salah satu dinas di Pemkot gagal tak memiliki pengalaman di bidang kepemininan perusahaan. Sementara Ir Togar Silaban Kepla Bidang di Badan Perencanaan Pembangungan Kota (Bappeko), gagal dalam tes manajerial.

Selain dua PNS Pemkot juga dua pegawai PDAM yang ikut tes penyaringan Dirut perusahaan milik Pemkot tersebut. Dua pegawai PDAM, seorang sudah gugur sejak awal, karena sudah tidak lolos administrasi. Sementara seorang pegawai lainnya masih melaju terus. Kabarnya, pegawai ini diketahui bernama Indra Rini, Kepala Instalasi Penjernihan Air PDAM Ngagel III. Indra Rini kini terus melaju masuk ke 14 besar dan berhak mengikuti tes budaya perusahaan.

Ketua Badan Pengawas (Bawas) PDAM, dr Muklas Udin ketika dihubungi, Rabu (30/11) membenarkan hal itu. Menurutnya, calon Dirut PDAM kini sudah mengerucut. Siapa yang memiliki kemampuan lebih baik sudah pasti akan bisa mengalahkan calon lain.

Berdasarkan data di Bawas PDAM, peserta tes calon Dirut PDAM semula ada 215 orang. Hasil seleksi administrasi tinggal 88 peserta. Sebanyak 88 orang ini telah mengikuti tes bahasa Inggris, pengetahuan umum dan potensi. Hasilnya, sebanyak 24 orang dinyatakan lolos ke babak berikutnya.

Kemudian 24 peserta tersebut sudah mengikuti manajerial. Hasil tes manajerial sebanyak 14 orang dinyatakan lolos ke babak berikutnya untuk mengikuti tes budaya perusahaan dan penyampaian visi misi.

Tentang kemungkinan Indra Rini menjadi calon kuat Dirut PDAM, dia mengatakan, mungkin saja begitu. Apalagi kalau dia sanggapu mengalahkan calon-calon lain, maka dia bisa masuk ke lima besar. Disinggung masuknya Indra Rini menjadi calon kuat Dirut PDAM sebagai orang yang diseting penguasa Pemkot, Muklas enggan menjelaskan. ”Saya tidak tahu soal itu,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Bawas tidak memiliki kewenangan pasang memasang orang. Bahkan pelaksanaan tes calon Dirut bukan Bawas yang menentukan. Tapi tim Konsultan Rekrutmen Eagle Human Capital Counsultant (EHCC).

Tentang jadwal pelantikan Dirut PDAM yang baru tetap tidak ada perubahan. Jadwal penetapan pelantikan Dirut baru yang semula ditetapkan pada 16 Desember 2005 akan dilakukan pada 12 Januari 2006.

Penentuan jadwal pelantikan Dirut setalah dilakukan kajian terkait dengan liburan Natal dan Tahun Baru. Pada 16 Desember ternyata dinilai sudah memasuki liburan Natal 2005. Sementara pada awal Januari masih banyak yang memanfatkan libur Tahun Baru 2006.

Cuma pelaksanaan tes budaya perusahaan dan penyampaian visi misi hanya bisa dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Karena peserta tes semuanya adalah karyawan di sebuah perusahaan. Mengingat pelaksanaan tes hanya dilakukan Sabtu dan Minggu akhirnya hasil tes mundur terus.

Sumber : (pur) Surabaya Post, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.