Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
10
Okt '05

Mobil Dinas yang Dipakai DPRD Humbahas Belum Ada Berita Acara Penyerahan


Ternyata seluruh pengadaan sarana dan prasarana berupa mobil dinas yang saat ini dipakai DPRD Humbahas (Humbang Hasundutan) belum ada berita acara penyerahan dari Bupati Humbahas. Bahkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) mobil seluruhnya yang dipakai DPRD Humbahas belum diserahkan. Hal itu diungkapkan Ketua DPD KNPI Humbahas Drs Binsar Purba kepada SIB, Rabu (5/10) di kantornya Jalan Merdeka Doloksanggul usai audiensi dengan Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE mengenai pengadaan mobil dinas yang dipakai DPRD Humbahas.

Drs Binsar Purba menjelaskan, sesuai dengan hasil audiensi bahwa sebelum terpilih Ketua DPRD Humbahas defenitif sudah ada mobil dinas DPRD merk Terrano atas usul Ketua Sementara DPRD yang saat itu dijabat Kamaruddin Nababan tanpa ada berita acara penyerahan. Namun setelah Bangun Silaban SE terpilih menjadi Ketua DPRD Humbahas, maka mobil Terrano tersebut untuk sementara dipakai guna menjalankan roda pemerintah. Karena belum ada berita acara penyerahan mobil Terrano dari bupati, Bangun Silaban SE mengusulkan izin prinsip untuk pengadaan mobil dinas Ketua DPRD Humbahas merk Altis. Namun setelah mobil Altis tersebut diberikan kepada Ketua DPRD Humbahas sampai Rabu 5 Oktober 2005 belum juga ada berita acara penyerahan.

“Jadi sesuai hasil audiensi DPD KNPI Humbahas dengan Ketua DPRD Humbahas ternyata seluruh mobil yang dipakai DPRD Humbahas sama sekali belum ada berita acara penyerahan, termasuk pemberian STNK,” ujarnya. Untuk itu, diminta kepada Pemkab Humbahas melalui bupati supaya pengadaan mobil dinas segera diadakan berita acara penyerahan termasuk mobil Altis yang dipakai Bangun Silaban SE. Supaya masyarakat mengetahui bagaimana sebenarnya pengadaan mobil itu, seperti yang sudah disoroti beberapa media massa termasuk SIB edisi Kamis 29 September 2005. Sementara itu Terrano dianggap sebagai mobil pool DPRD Humbahas. Mobil Terrano dan Mitsubishi L 300 memang benar diparkirkan di rumah dinas Ketua DPRD dengan alasan belum ada Satpam sebagai pengaman di kantor DPRD Humbahas. Jadi intinya Ketua DPRD Humbahas tidak benar memiliki dua unit mobil dinas serta tidak melanggar PP nomor 24 tahun 2004, jelas Binsar Purba.

Kabag Hukor Humbahas Wasdient Pasaribu SH sebelumnya mengungkapkan kepada SIB, Rabu (28/9) lalu, sesuai PP nomor 24 tahun 2004 Pasal 17 disebutkan bahwa pimpinan DPRD disediakan masing-masing satu unit rumah dinas beserta perlengkapannya dan satu unit kendaraan dinas. Akibat komentar itu, Wasdient Pasaribu dipanggil Komisi A DPRD Humbahas dengan alasan dianggap “memfitnah” kelembagaan. Kabag Hukor Wasdient Pasaribu ketika dikonfirmasi SIB membenarkan, dirinya benar dipanggil DPRD Humbahas. Setelah adanya klarifikasi dari Kabag Hukor Humbahas Wasdient Pasaribu SH (SIB edisi Jumat 7 Oktober 2005 halaman 2) menyatakan poin pertama “Ketua DPRD Humbahas hanya menggunakan/memiliki satu unit mobil dinas,” poin kedua “Kalaupun ada mobil dinas yang lain, itu adalah mobil pool DPRD Humbahas”. Ketika wartawan SIB bertanya kepada Kabag Hukor Wasdient Pasaribu SH di ruang kerjanya, Jumat (7/10) mempertanyakan di antara Altis dan Terrano yang mana sebenarnya diperuntukkan mobil pool DPRD Humbahas?. Kabag tersebut tidak bisa menjawab dengan alasan, tanya saja kepada bagian Umum dan Perlengkapan (Umper).

Kasubbag Protokoler dan Kerumahtanggaan Umper Humbahas Rich J Simamora ketika dikonfirmasi SIB mengungkapkan, mobil Terrano yang dipakai DPRD Humbahas sudah diadakan berita acara penyerahan. Sedangkan mobil lainnya yang saat ini dipakai DPRD Humbahas benar belum ada berita acara penyerahan.
Sumber : (RHS/y) Harian SIB, Dolok Sanggul (broken link)


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.