Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
28
Sep '05

Pelaksanaan PIN Putaran II di Berbagai Daerah Sumut Lancar


Pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran II, Selasa (27/9) di berbagai daerah di Sumut yang serentak dilaksanakan di pos-pos yang telah ditentukan berjalan lancar. Para orang tua terlihat membawa anak balitanya untuk mengikuti imunisasi polio. Di Humbahas, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi diwakili Asisten I Maju Lumbagaol SH usai membuka pencanangan imunisasi terlebih dahulu memberikan tetesan pembukaan bagi salah seorang balita.

Asisten I Maju Lumbangaol SH didampingi Kadis Kesehatan diwakili P Manullang, Kakan Capil Drs Pensus Sihombing, Kabag Tapem Drs Onggung Silaban dan Camat Onanganjang Drs Edi H Sinaga membuka PIN putaran II di Kecamatan Onanganjang dan dihadiri ratusan orangtua yang membawa anak balita yang akan mengikuti imunisasi.

HUT ke-53 bhayangkari canangkan PIN

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-53 Bhayangkari, Polres Serdang Bedagai melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) bekerjasama dengan Pemkab Sergai Selasa (27/9) berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai di komplek Mapolsek Firdaus Sei Rampah.

Bupati Sergai diwakili Wakil Bupati Ir H Soekirman dalam sambutannya memaparkan PIN di Sergai secara serentak dilaksanakan di 1144 Pos PIN yang tersebar di 243 desa/kelurahan dalam 11 kecamatan se kabupaten Serdang Bedagai. Soekirman menghimbau kepada seluruh personil yang terlihat agar benar-benar memberhasilkan pelaksanaannya sesuai dengan tugas dan bidang masing-masing.

Pemberian PIN secara simbolis dilakukan oleh ketua TP PKK Ny Evi Diana Erry Nuradi kepada dua putra dan putri.

Kapolres Sergai Kompol Drs Adang Suherman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Firdaus AKP Ir Jagani Sijabat yang telah bersusah payah menyediakan tempat hingga terlaksananya kegiatan itu dengan baik.

Di tengah-tengah berlangsungnya acara PIN, para medis juga menyediakan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada seluruh keluarga besar Polres Sergai dan seluruh undangan yang hadir.

Di dairi

Pelaksanaan PIN putaran kedua di Kabupaten Dairi berjalan lancar ditinjau Tim Penggerak PKK Dairi dipimpin Ny Hetty Tumanggor boru Sitinjak, Ny J Sitohang boru Sianturi, Ny B Sinaga boru Simanjuntak dan Ny B Simanjuntak boru Siregar di 10 Pos PIN yang di Dairi, Selasa (27/9).

Setiap Pos PIN yang mendapat kunjungan PKK Dairi diberikan 10 kotak susu SGM bantuan Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia. Bantuan diberikan langsung kepada balita yang telah mendapat imunisasi polio.

Di Taput

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran II dilaksanakan secara serentak di seluruh desa dan pelosok Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dengan sasaran 28.335 Balita (Umur 0-59 bulan) Selasa (27/9).

Pemberian virus polio dilakukan pada pos PIN seperti Puskesmas, Pos yandu, Puskesmas Pembantu, Polindes, rumah sakit pemerintah dan swasta dengan cakupan PIN putaran ke II di Taput mencapai 106,9 persen. Pencanangan dipusatkan di Kecamatan Adian Koting, Selasa (27/9) dihadiri Wakil Bupati Taput Drs Frans A Sihombing MM, Muspida dan pejabat Pemkab Taput.

Wakil Bupati Taput melakukan tetes polio secara simbolis kepada salah seorang anak berumur 3 tahun di Kecamatan Adian Koting tepatnya di Desa Adian Koting disaksikan ribuan warga terutama para kaum ibu yang membawa anaknya untuk diimunisasi polio.

Pelaksana Kabag Himin Pemkab Taput GW Hutabarat SE dan Kasubbag Pers M Pasaribu menjelaskan bahwa pelaksanaan imunisasi polio di Tapanuli Utara berjalan dengan lancar, walaupun diakui di beberapa titik belum semuanya tersentuh. Kegiatan PIN di Taput menurut Hutabarat juga melibatkan semua pejabat di jajaran Pemkab Taput.

Di TObasa

Pelaksanaan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran Ke-II untuk tingkat Kabupaten Toba Samosir yang dipusatkan di Kecamatan Balige dengan sasaran Balita sebanyak 18.984 orang se-Kabupaten Tobasa, pelaksanaannya Selasa (27/9) dipusatkan di Kelurahan Sangkar Nihuta yang ditandai dengan penetesan vaksin polio sebanyak 2 tetes dan pemberian makanan tambahan oleh Asisten I Pemerintahan Tobasa Drs Sahat Lumbangaol mewakili Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus SH MBA dan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tobasa D Marpaung MBA dan Plt Kadis Kesehatan Tobasa Dr FL Parluhutan Sitorus M Kes.

Pada saat pemberian vaksin polio kepada balita secara simbolis sebanyak 10 orang, Plt Kadis Kesehatan Tobasa Parluhutan Sitorus menemukan bayi bernama Wendy Napitupulu warga Alam Baba Lubis Sangkarnihuta Balige yang mengidap penyakit Hydrocephalus yakni kelainan aliran cairan otak. Oleh Plt Kadis yang baru diangkat kurang lebih 1 minggu ini, memerintahkan untuk segera membuat rujukan kepada bayi berusia 1 tahun 2 hari ini agar segera di rawat di Rumah Sakit dan kepada Lurah Sangkar Nihuta diminta untuk membuat surat keterangan Miskin.

Di Nias

Pelaksanaan pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran ke-II tahun anggaran 2005 Kabupaten Nias, secara serentak di 859 unit pos PIN, Selasa, (27/9), acara pembukaannya dilaksanakan di TK Cenderawasih Gunungsitoli dengan sasaran sebanyak 54.018 dari jumlah pendataan 56.633 balita yang tersebar di 14 Kecamatan Kabupaten Nias.

Ketua Panitia PIN Dr Perdamaian Zendrato menyatakan sebahagian besar logistik yang diterima panitia PIN Kabupaten Nias merupakan bantuan dari berbagai NGO seperti UNICEF, World Vision, YEU dan World Harvest.

Bupati Nias Binahati B Baeha SH, mengucapkan terima kasih kepda perwakilan WHO dan NGO-NGO yang berada di Nias atas dukungan dan bantuannya baik secara moril maupun secara materil dalam pelaksanaan PIN di Kabupaten Nias. Begitu juga kepada seluruh panitia, instansi terkait, lapisan masyarakat yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan itu.

Pelaksanaan pembukaan PIN putaran kedua di TK Cenderawasih Gunungsitoli dihadiri Bupati Nias Binahati B Baeha SH Ketua TP PKK Ny Lenny Baeha, mewakili Dandim 0213 Nias Sertu Ar Zega, mewakili Kajari Gunungsitoli F Lase SH, Camat Gunungsitoli Yanu’eli Nazara, BA, Kepala Puskesmas Gunungsitoli Fatinasa Zalukhu, Kepala SPK Gunungsitoli Soginoto Dachi, dari Harverst Drg Hanny, Dr Adelina dari puskesmas Gunungsitoli.

Sumber : (RHS/C17/D6/G7/EMT/LZ/h) Harian SIB, Dolok Sanggul (broken link)


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.