Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
26
Sep '05

Sejumlah Pendeta dan Warga Hadiri Peresmian Kantor KONTA Tionghoa GMI


Setelah menunggu beberapa tahun, akhirnya Konperensi Tahunan (KONTA) Tionghoa Gereja Methodist Indonesia (GMI) terwujud dan kantornya di Jl Sikambing 21 Medan telah diresmikan, Jumat (23/9) oleh Ketua KONTA Pdt Fajar Lim MTh.

Peresmian tersebut dilaksanakan dengan pengguntingan pita oleh Pdt Fajar Lim MTh yang didampingi isteri dalam sebuah kebaktian yang dihadiri sejumlah pendeta dan dilanjutkan dengan Kebaktian Syukur di Avia Samudra Medan.

Tampak hadir sejumlah pendeta antara lain Pdt Dewi Anggreini, Pdt Darmin Saimin, Pdt Robert Hutapea, Pdt Nixon Tambun, Pdt Paulus Subyanto, Pdt Benet Sihombing, Pdt Selamat Karo-karo, DS Pdt MH Manurung, Pdt Pantun Simorangkir, Pdt Morina Tambun, Pdt Rusmin Purba, Pdt Simon Mdiv, Pdt MT Siahaan, Pdt Parmian Lumbantoruan, Pdt Lili, Gr Inj Horina, Pdt Adrian, Pdt Lois Fang, Pdt Horbanus Simanjuntak, Pdt Netty H Aritonang, Pdt Robert Panggabean, Pdt Sumihar Manurung, Pdt Bonar Panjaitan, Pdt M Silaban, Pdt Sonny Cornelius, Pdt Rameana Sihombing, Pdt Samuel Karunia, Ketua Panitia Hanafi.

Dalam kebaktian peresmian kantor yang dipimpin Pdt Dewi Anggreini, Pdt Fajar Lim bersama para pendeta yang hadir dengan jubah kebesaran masing-masing, meresmikan pemakaian gedung kantor tersebut.

Sedangkan dalam kebaktian ucapan syukur KONTA Tionghoa GMI di Avia Samudra, seluruh hadirin, termasuk para warga GMI yang datang dari berbagai daerah dengan khikmad mengikuti kebaktian.

Beberapa warga yang datang antara lain dari GMI Tanjung Balai, GMI Perdagangan, GMI P Siantar, GMI Lubuk Pakam, GMI Kuala Bekala, GMI Helvetia Medan, GMI Gloria Medan, GMI Anugerah Medan, GMI Sambu Baru, GMI Elim Medan, GMI Glugur Medan, GMI Belawan, GMI Tanjung Pura.

Kebaktian Syukur diisi dengan lagu-lagu pujian baik dalam bahasa Mandarin maupun bahasa Indonesia diikuti seluruh jemaat yang hadir. Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt Fajar Lim MTh.

Dalam ibadah tersebut juga dibacakan butir sejarah berdirinya KONTA Tionghoa GMI oleh Pdt Paulus Subyanto STh. Dijelaskan, penginjilan Methodist di Indonesia dimulai dari suku Tionghoa yang eksistensinya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan 1938, sudah pernah ada Distrik Tionghoa dan pada 1977 di Tebing Tinggi dan tahun 1979 sudah pernah diajukan membentu KONTA Tionghoa.

Pada 1975 Distrik Tionghoa dirubah menjadi Distrik Pengembangan, 1977 diusulkan menjadi satu KONTA namun belum disetujui karena faktor politis. Tahun 1983 Distrik Pengembangan dibubarkan dan 30 Juli 2005, sebanyak 28 gereja Tionghoa di Wilayah I GMI mendeklarasikan pembentukan KONTA Tionghoa GMI.

Pertimbangan lain dalam pendeklarasian KONTA Tionghoa ini karena telah mampu mencukupi nafkah para pekerjanya dan telah memiliki lebih 30 orang pendeta dan guru injil. Selain itu, kata Pdt Paulus Subyanto, telah memiliki 50 jemaat penuh dan Pos PI.

Apakah dengan terbentuknya KONTA Tionghoa, mereka terpisah dari GMI, Paulus menjelaskan akan tetap mempertahankan kesatuan dalam GMI yang tercermin dalam Dewan Bishop, Badan Episkopal, Badan Pensiun dan Konperensi Agung. Juga akan tetap saling menopang sesuai kebutuhan dan pihaknya juga dapat mempekerjakan Pendeta/Guru Injil sesuai dengan kebutuhan tanpa memandang latarbelakang keturunan/etnis.

Sementara Pdt Fajar Lim dalam khotbahnya mengajak umatnya agar tetap mengandalkan kekuatan Tuhan, bukan kekuatan sendiri. Jika Tuhan tidak berkenan, katanya, KONTA Tionghoa ini tidak akan jadi. Tetapi bila Tuhan berkehendak, siapapun yang akan menggagalkannya tidak akan berhasil. Karena itu, ia mengingatkan umatnya agar tidak mengianati pelayanan ini.

Usai ibadah syukur, kata-kata sambutan masing-masing disampaikan mewakili KONTA Tionghoa oleh Esa Kalinggo SH, mewakili undangan oleh Pdt Pantun Simorangkir STh dan mewakili warga oleh Karsina. Dan doa makan oleh Pdt Sonny Cornelius.

Sumber : (C1/v) Harian SIB, Medan (broken link)


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Sejumlah Pendeta dan Warga Hadiri Peresmian Kantor KONTA Tionghoa GMI”

  1. Tanggapan niza febrisa:

    kami ingin menawarkan fasilitas Function Hall kami yang berkapasitas Standing Party sampai dengan 1200 orang, dan dapat juga dijadikan sebagai Rumah Ibadah dengan fasilitas yang sangat lengkap dengan penawaran harga yang sangat kompetitif diwilayah Cibubur khususnya, dengan nuansa klasik roma kami yakin Bapak/Ibu akan sangat tertarik. kami mengundang Bapak/Ibu untuk dapat hadir ditempat kami untuk menikmati keindahannya dan dapat mereferensikan tempat kami untu acara lainnya, atas perhatian & kerjasamanya kami ucapkan Terima Kasih.

    Rgds

    Niza Febrisa
    Marketing Manager Cibubur Golf

    Komplek Legenda Wisata
    Jl. Alternatif Transyogi Km.6 Cibubur 16967
    Phone 021.8674565 Fax 021.8673305
    Mobile 0811.811.581
    Email : nizadrew@yahoo.com

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.