Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
26
Sep '05

Pengurus KPN [Koperasi Pegawai Negeri] SMAN 1 Binjai Diganti Mendadak


Pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) SMA Negeri I Binjai diganti mendadak. Pergantian itu dilakukan terkait dugaan para pengurus melakukan penyelewengan dana koperasi untuk pentingan pribadi.

Ketua KPN SMAN 1 Armen Siregar, Sekretaris Nurlani Barus digantikan oleh Drs Sihol Silaban dan Sekretaris Agnes L Tobing. Bendahara dijabat Dra Erlinawati dan Badan Pengawas Drs Zulfatma Batubara.
Menurut sumber Medan Bisnis di SMA Negeri I Binjai, Sabtu (24/9), pergantian itu terkait penyelewengan dana sebesar Rp 1, 6 miliar lebih yang diperoleh dari pinjaman salah satu bank swasta. Selain itu, adanya mosi tidak percaya oleh para anggota KPN kepada para pengurus.

Menurut sumber itu, kasus ini berawal adanya kucuran bantuan dana dari Bank Bukopin kepada KPN SMAN 1 Binjai senilai Rp 654.000.000. Namun, dana itu tidak dibagikan secara merata kepada seluruh anggota.
Permasalahan kembali terjadi saat KPN mendapat tambahan pinjaman dana Rp 1 miliar. Dana itu disebut-sebut hanya dimanfaatkan dan dibagi-bagikan kepada pengurus. Keadaan ini diperkeruh dengan adanya pembuatan tandatangan palsu yang dilakukan oleh oknum Ketua KPN sebagai bukti untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank.

Sebagian besar anggota koperasi yang tanda tangannya dipalsukan tersebut dibubuhkan dalam surat pernyataan bukti pinjaman dana KPN yang berjumlah Rp 10 juta- Rp 50 juta, yang pembayarannya melalui potongan gaji pegawai setiap bulannya. Mengetahui tanda tangannya dipalsukan, sejumlah anggota KPN, di antaranya MA (35), SS (43) dan AS (39) melaporkan hal itu ke Mapolresta Binjai.

Kasat Reskrim Polresta Binjai AKP R Napitupulu SH ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pengaduan itu. Namun, Armen Siregar juga telah membuat pengaduan ke polisi terkait dengan adanya kredit macet yang dilakukan oleh anggota KPN sejak 4 (empat) bulan terakhir.

“Sehingga, kasus ini rumit bagi kami untuk menindaklanjutinya. Namun, sampai kini kedua kasus tersebut masih diproses dan dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi,” ujar Napitupulu.

Sumber : (Astuti) Medan Bisnis, Binjai


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Pengurus KPN [Koperasi Pegawai Negeri] SMAN 1 Binjai Diganti Mendadak”

  1. Tanggapan josh:

    Isinya bagus, berbobot,juga enak.
    tapi saya mau ngasih tanggapan untuk SMAN 1 Binjai.
    Katanya sekolah favorit, tapi kok pengurusnya pada korupsi semua sich?! Gimana mau maju pendidkannya?

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.