Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
10
Sep '05

Pertama di Sumatera, Apel Berbuah di Humbahas


Buah apel tidak hanya bisa tumbuh dan berbuah di daerah Malang Jawa Tengah, kini di Bona Pasogit tepatnya  di desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan, buah impor tersebut bisa tumbuh.

Kabupaten baru ini perlahan-lahan mulai menunjukkan keunggulannya khususnya di bidang pertanian dan perkebunan. Dinas pertanian setempat sendiri belum sempat meneliti kadar tanah di Humbahas apakah cocok untuk budidaya buah apel.

Namun seorang purnawirawan TNI berpangkat Kolonel bernama HMU Silaban sejak tahun 2002 melakukan ujicoba penanaman apel varietes Rome Beauty satu varietes apel Malang sebanyak 300 batang. Ternyata pohon itu tumbuh dan berbuah, bahkan daging buahnya lebih padat dibanding apel Malang.

Apel Lintongnihuta ini ditampilkan pada pameran pasar Petani Kabupaten/Kota se Sumut sejak selasa (6/9) dan ditutup oleh Kadis Pertanian Provsu Ir Bintara Tahir, Jumat (9/9) di halaman Dinas Pertanian Sumut Medan Johor.

Kabid Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbang Hasundutan Ir Kaminton Hutasoit didampingi Ir Rajin Lumbantobing dan seorang petani dari Humbahas kepada SIB, di pameran mengatakan, warga Kota Medan kagum melihat hasil pertanian Humbahas, termasuk Ir Bintara Tahir.

Hasil panen Apel sebanyak 75 Kg habis dibeli masyarakat dalam waktu singkat. Warga Medan juga “menyerbu” hasil pertanian lainnya seperti jeruk, marquisa, terong belanda, wortel, kol berikut bunga kol, andaliman, bawang daun dll.

Menurut Kaminton, selama ini pananaman buah dan sayuran lokal di Humbahas dilakukan secara tradisional. Dinas Pertanian kini mencoba untuk  melakukan budidaya dan hasilnya ternyata lebih baik.

Selama ini katanya, Humbahas hanya mengandalkan kopi, kini di setiap Kecamatan tanaman unggulan sudah dibudidayakan seperti Terong Belanda dan Marquisa di Lintongnihuta, Pollung dan Dolok Sanggul, Jeruk di Lintong dan Parlilitan, Wortel di Paranginan, Kol di Paranginan, Andaliman di Pollung, Salak 300 Ha di Pakkat dan Bawang di Bakkara.

Hasil penilaian dewan juri pada pameran pasar petani, Humbahas meraih predikat terbaik II. Dengan berproduksinya buah apel di tanah Batak Humbahas membuktikan suburnya daerah tersebut. Hadirnya apel di daerah ibukota Dolok Sanggul tersebut menjadikan Humbahas daerah pertama di Pulau Sumatera pohon apel bisa tumbuh dan berbuah.

Sumber : (C-13/d) Harian SIB, Dolok Sanggul (broken link)


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Christenen en moslims zij aan zij
Artikel selanjutnya :
   » » Kasus Terbunuhnya Katenni Disidangkan