Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
20
Agt '05

50 Anggota Serikat Buruh se-Kota Sibolga Ikuti Seminar Implementasi UU No 21/2000


Sebanyak 50 anggota Serikat Buruh se-kota Sibolga – kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang terdiri dari PK SBSI (Serikat Buruh Seluruh Indonesia), SPBSTT (Serikat Pekerja Bangunan Sibolga Tapanuli Tengah), HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) dan KNTM (Kelompok Nelayan Tolong Menolong) mengikuti seminar sehari implementasi UU No. 21/2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Aula Hotel WI Sibolga, Kamis (18/8).

Seminar diisi dengan penyampaian makalah di antaranya oleh Ketua DPP KSBSI Rekson Silaban SE tentang kebebasan berserikat, Kapolresta Sibolga Kompol Drs Slamet Hadi tentang penyidikan pelanggaran kebebasan berserikat sesuai dengan UU No.21/2000 dan KUHP, Kakan Disnaker kota Sibolga dan Kakan Disnaker Tapteng tentang pengawasan kebebasan berserikat.

Ketua panitia dalam laporannya menjelaskan, kegiatan seminar bertujuan untuk mendorong harmonisasi hubungan industrial di wilayah Sibolga – Tapteng termasuk menyamakan persepsi dalam mengimplementasikan UU No.21/2000.

Ketua DPP KSBSI Rekson Silaban SE menjawab wartawan usai seminar menjelaskan, prospek pembangunan di kota Sibolga dan kabupaten Tapteng sebagai salah satu kota di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara dinilai sangat baik dengan berdirinya sejumlah perusahaan yang memanfaatkan tenaga buruh sebagai pekerjanya.

Seiring dengan kemajuan pembangunan tersebut serikat buruh di kawasan Sibolga – Tapteng diharapkan dapat membenahi diri guna memberikan jaminan kenyamanan dan perlindungan hukum bagi para buruh/pekerja terhadap kelangsungan hubungan kerja.

Namun demikian sangat disayangkan di kedua daerah itu, menurut Silaban, wadah pengawas Pemerintah Cq. Kantor Tenaga Kerja terhadap perlindungan hak buruh seperti P4D belum terbentuk walaupun untuk Pemkab Tapteng sudah ada namun tidak berjalan sesuai fungsinya.

Menyinggung dualisme kepengurusan DPC FKUI SBSI Sibolga – Tapteng dengan tegas Silaban mengatakan, DPC FKUI SBSI pimpinan Charles Pakpahan yang sah dan berkekuatan hukum serta telah terdaftar di Kantor Tenaga Kerja.

Sumber : (mps/q) Harian SIB, SIbolga


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.