Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
4
Agt '05

Prof Dr Belferik Manullang : Keunggulan Tidak Ditentukan Besar Kecilnya Dana, Tapi Lebih Pada Komitmen dan Dedikasi


Direktur Pasca Sarjana Unimed Prof Dr Belferik Manullang mengatakan, keunggulan tidak ditentukan oleh besar kecilnya dana yang tersedia tetapi lebih pada komitmen dan dedikasi. Sering orang berpikir, jika dana tersedia dengan jumah yang cukup maka semuanya bisa dibuat unggul, hipotesis ini tidak benar sebab menentukan keunggulan adalah komitmen dan dedikasi. Sementara fungsi dana hanya sebagai alat pendukung. Dengan komitmen dan dedikasi  yang baik maka dana yang tersedia akan digunakan secara tepat, benar dan jujur. Selain itu, sekecil apapun program yang akan dilaksanakan membutuhkan komitmen dan dedikasi yang sungguh-sungguh tentang masa depan generasi muda Humbang Hasundutan (Humbahas) bukan komitmen dan dedikasi kepada sukses pribadi. Ketika kepala sekolah, guru, pemerintah, masyarakat kehilangan komitmen dan dedikasi itu maka sia-sialah keinginan mulia itu. Satu orang saja menunjukkan ketidakjujuran pada komitmen dan dedikasi itu maka hilanglah kepercayaan.

Sekarang, kita tidak hanya sulit menemukan orang yang bisa dipercayai melainkan juga sulit sekali menemukan orang yang bisa mempercayai orang lain. Ini semua adalah buah ketidakjujuran selama ini, baik terhadap diri sendiri, orang lain, dunia dan terhadap Tuhan. Diseminasi pemikiran dan harapan ini perlu disosialisasikan secara terus menerus kepada semua sekolah baik guru, pegawai dan orang tua termasuk murid serta masyarakat, dimana kelas unggulan itu akan dilaksanakan. Jika belum ada persamaan visi, komitmen dan dedikasi maka rencana membangun kelas unggulan mungkin hanya bergema selama beberapa saat untuk kemudian kembali kepada keadaan semula.

Hal itu diungkapkan Prof Dr Belferik Manullang saat pelaksanaan lokakarya pengembangan kelas unggulan pada tingkat SMP/MTs, SMA dan SMK se-Kabupaten Humbahas bertempat di SMKN 2 Doloksanggul, Jumat (29/7) lalu. Acara pengembangan lokakarya tersebut juga dihadiri Bupati Humbahas Sarlandy Hutabarat SH, Ketua DPRD Bangun Silaban SE, Kadis Dikbudpar (Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata) Drs Donver Panggabean MSi, Kadis PUP Ir Parlaungan Lumbantoruan, Pelaksana Ka Bappeda Subandrio Parhusip SSos, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Humbahas Ir Marco Panggabean, seluruh camat dan kepala sekolah SMP/MTs, SMA dan SMK se-Humbahas. Juga turut hadir sebagai pembicara dari Unimed Drs Effendi Manalu MPd dan moderator Drs Henok Siagian MSi serta Dewan Pendidikan Humbahas Martua Situmorang.

Profesor kelahiran Baktiraja itu menjelaskan, kelas unggulan adalah kelompok belajar yang unggul dalam proses belajar mengajar dan unggul lulusan. Unggulan lulusan terindikasi dari kepribadian dengan karakter positif dengan indikator yaitu minat belajar yang sangat tinggi, penguasaan keterampilan-keterampilan dasar, perolehan prestasi akademik semaksimal mungkin pada semua mata pelajaran dan menunjukkan keberhasilan melalui evaluasi yang sistematis. Lulusan unggul tidak mengalami kesulitan memasuki perguruan tinggi negeri favorit bahkan studi banding ke luar negeri. Unggul proses belajar terindikasi dari dukungan kondisi-kondisi prima baik potensi murid, guru, program pembelajaran, sarana dan prasarana, pengawasan, program ekstra kurikuler, program evaluasi, atmosfir pendidikan, kemitraan, dukungan dana dan pelayanan tata usaha untuk mewujudkan lulusan-lulusan terbaik. Namun apabila dua bulan tidak memenuhi syarat maka siswa yang sudah duduk di kelas unggulan bisa dipindahkan lagi ke kelas biasa digantikan yang lain yang dianggap berprestasi dari kelas biasa.

Sementara itu, Drs Effendi Manalu MPd juga menambahkan, untuk kelas unggulan dimana kepala sekolahnya harus unggul dan mampu berbahasa Inggris, memiliki kemampuan yang kuat, percaya diri, berdisiplin, jujur dan kreatif. Selain itu harus mampu melakukan manajemen bemutu berbasis sekolah, mampu melakukan supervisi, mampu mengevaluasi, menguasai komputer serta internet dan berwibawa serta berkepribadian keteladanan.

Guru juga harus kompeten dalam bidangnya dan menguasai materi pelajaran serta memiliki kesiapan untuk melaksanakan pembelajaran dengan akuntabilitas yang otentik.

Kadis Dikbudpar Humbahas Drs Donver Panggabean MSi dalam laporannya bahwa dasar pengembangan lokakarya kelas unggulan itu sejalan dengan perubahan paradigma pendidikan dari kuantitas menjadi kualitas yaitu peningkatan mutu pelayanan di bidang pendidikan. Dimana Pemkab Humbahas menetapkan sektor pendidikan sebagai salah satu pilar utama pembangunan yang masih diadopsi dari Taput. Tujuan diciptakannya kelas unggulan diharapkan sebagai wahana tukar pikiran membangun suatu system yang baku dan terencana, bagaimana model kelas unggulan terbaik yang sesuai untuk Kabupaten Humbahas. Kemudian tersusun strategi atau terobosan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Untuk di Humbahas akan diciptakan delapan kelas unggulan yaitu di SMAN 1 Doloksanggul, SMAN 1 Pakkat, SMAN 1 Onan Ganjang, SMAN 1 Parlilitan, SMAN 1 Lintongnihuta, SMAN 1 Pollung, SMA RK Pakkat dan SMAN 1 Paranginan. Sebagai kelas unggulan percontohan (pilot project) SMAN 1 Doloksanggul.

Sementara itu Bupati Humbahas Sarlandy Hutabarat SH mengatakan, Drs Donver Panggabean MSi selaku Kadis Dikbudpar Humbahas telah banyak menggali dan berhasil mendongkrak sektor pendidikan di Humbang Hasundutan. Ini sungguh luar biasa dimana Drs Donver Panggabean MSi bertangan dingin dalam mengolah pendidikan. Terbukti untuk pengembangan akses anggaran 2004/2005 dan 2005/2006 Humbahas telah mendapat 7 (tujuh) Unit Sekolah Baru (USB) yaitu SMAN 1 Paranginan, SMKN 1 Pollung, SMKN 2 Pakkat, SMKN 1 Parlilitan, SMPN 5 Pakkat, SMPN 4 Doloksanggul dan SMAN 1 Tarabintang. Selain itu, khusus guru Matematika dan Pendidikan Jasmani belum lama ini dalam olimpiade sains peraih juara pertama (I) dari SMAN 1 Lintongnihuta. Hasil UAN (Ujian Akhir Nasional) tergolong memuaskan dengan tingkat kelulusan 94,46 persen. untuk tahun 2005 sebanyak 46 orang siswa diterima  sebagai mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri melalui jalur tanpa testing.

Sarlandy Hutabarat SH mengharapkan dengan dilaksanakannya lokakarya, kepala-kepala sekolah dapat mengambil manfaat dan memahami arah kebijakan Pemkab Humbahas khususnya dapat menyelenggarakan suatu sytem pendidikan yang baik. Unggul dalam pembelajaran, unggul dalam mutu yang berorientasi pada kebijakan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. Tujuan dilaksanakannya lokakarya adalah untuk memberikan gambaran, rambu-rambu atau acuan bagi kepala sekolah dan penyelenggaraan system pendidikan bermutu melalui pembinaan kelas unggulan yang berorientasi keunggulan pada semua bidang. Yang menjadi sasaran kegiatan adalah kepala sekolah SMP/MTs, SMA dan SMK se-Kabupaten Humbahas, dewan pendidikan, komite sekolah sebagai mitra dinas pendidikan dan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan.

Demi lancarnya kelas unggulan dan memperlancar struktur pendidikan di Humbahas maka guru-guru akan magang ke Unimed untuk meningkatkan dunia pendidikan. Apabila nantinya sudah diciptakan kelas unggulan di Humbahas maka Sarlandy Hutabarat memesankan kepada Dinas Pendidikan Humbahas supaya sekali enam bulan dievaluasi baik siswa maupun gurunya termasuk kepala sekolahnya. Sementara itu Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE mengungkapkan dengan adanya kelas unggulan di Humbahas jangan hanya muridnya yang unggul tapi gurunya harus lebih unggul.

Donver Panggabean akhir katanya menjelaskan, dikembangkannya kelas unggulan di Humbahas untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas di masa datang. Dimana dalam menghadapi globalisasi yang semakin ketat dan perdagangan bebas dituntut SDM yang berkualitas tinggi.

Sumber : (RHS/x) Harian SIB, Dolok Sanggul (broken link)


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Prof Dr Belferik Manullang : Keunggulan Tidak Ditentukan Besar Kecilnya Dana, Tapi Lebih Pada Komitmen dan Dedikasi”

  1. Tanggapan ronald hutagaol:

    Selamat Siang pak!
    Saya tertarik akan konsep Bapak bahwa kelas unggul tidak selamanya sama dengan biaya tinggi. Begini Pak! saya juga ingin mengembangkan sekolah unggul di tempat saya yaitu SMP Kristen 2 Salatiga, saya mau minta tolong pada bapak agar sudilah kiranya mengirimkan ke pada kami contoh Kurikulum untuk kelas unggulan seperti konsep Bapak.
    Atas bantuan dan kerja samanya kami ucapakan Banyak terima kasih
    hormat saya
    Daud Ronald Hutagaol, S.Pd

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.