Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
15
Jun '05

Lagi, 3 Penderita Gizi Buruk Dirawat di RSPM [Rumah Sakit Pirngadi Medan]


Penderita gizi buruk di Medan kembali bertambah setelah sebelumnya telah merenggut nyawa seorang penderita penyakit tersebut. Informasi diperoleh di RSPM, Selasa (14/6), ada 3 penderita gizi buruk dirawat di RSPM.

Ketiga penderita gizi buruk tersebut dibawa ke RSPM, Senin (13/6) sore. Penderita itu antara lain Anita (2) penduduk Jalan Air Langga No 41 Petisah Tengah Medan. Buah hati dari Aminah (38) anak bungsu dari 4 bersaudara ini memiliki berat badan 3,8 kg. Menurut orangtuanya yang dijumpai di Ruang III Anak RSPM, gejala awal Anita mengidap panas tinggi disertai diare.

Orangtuanya ini berusaha membawanya ke puskesmas terdekat. Namun karena berat badan terus-menerus turun secara drastis, Anita dilarikan ke RSPM. Hasil diagnosis ternyata gizi buruk. Penderita gizi buruk lainnya Daniel (13 bulan) penduduk Jalan Menteng II Gang Pembangunan Kecamatan Medan Denai. Berat badannya juga mengalami hal yang sama dengan Anita yakni lahirnya 2 kg dan di usianya saat ini hanya memiliki bobot badan 4,2 kg.

Anak pertama dari pasangan V Silaban (32) dan Delvi br Regar (27) ini dirawat di Ruang III Anak RSPM. Sementara kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB, seorang penderita gizi buruk yakni Nurhasanah (2,3) penduduk Jalan Pelajar Gang Melati No 8 Medan masuk ke RSPM. Hingga kemarin, bayi ini menjalani perawatan intensif di RSPM.

Direktur RSPM dr Sjahrial R Anas ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, penderita gizi buruk diberikan fasilitas gratis dan tanpa dipungut biaya perobatan bagi dari keluarga yang tidak mampu.
“Perobatan yang diberikan yakni memberikan bubur kuning, susu yang mengandung protein tinggi, karbohidrat, lemak, vitamin dan sayur mayur,” kata orang nomor satu di RSPM ini.

Sedangkan pengobatannya selama 3 bulan. Efek samping dari gizi buruk ini otak berkurang atau anak idiot setelah mengalami kondisi yang akut. Faktor penyebab lainnya sakit yang berkepanjangan dan menyebabkan nafsu makan berkurang sehingga hanya sekali-kali makan.

Sumber : Medan Bisnis, Medan (cached)


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Lagi, 3 Penderita Gizi Buruk Dirawat di RSPM [Rumah Sakit Pirngadi Medan]”

  1. Tanggapan onie:

    malam!!!
    saya hanya mau nanya,saat ini saya lagi praktek lapangan di salah satu puskesmas di medan.
    trus saya ke masyarakat juga, dan saya menemukan anak yang gizi kurang berumur 13 bulan, beratnya 6,8kg dan pb 68 cm.dari bb/u anak itu tergolong gizi kurang, tapi klo dari tb/bb normal.dan tindakan dari pihak puskesmas tidak ada.yang mau saya tanyakan, bila dari kasus tersebut memang tidak ada tindakan dari puskesmaa???
    terimakasi bila ditanggapi

    syalommm

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Polisi Tangkap Enam Pemerkosa Pelajar
Artikel selanjutnya :
   » » Dua Bocah Asal Medan Gizi Buruk Dirawat di RSUPM