Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
12
Jun '05

Polres Humbanghas Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pilkada


Polres Humbang Hasundutan (Humbanghas) dengan inspektur upacara Kapolres AKBP GP Hutajulu,SH menggelar apel pasukan untuk pengamanan kampanye yang dimulai 11-23 Juni 2005. Apel kesiapan pengamanan menyongsong Pilkada tanggal 27 Juni 2005 itu dilaksanakan di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul, Rabu (8/6) yang dihadiri Ketua DPRD Humbanghas Bangun Silaban, Dandim 0210/TU Letkol Inf Tiopan Aritonang, Ketua PN Tarutung Santun Simamora Sh, Plh Kajari Tarutung HF Silitonga SH, tokoh agama Haji AN Sihite, tokoh masyarakat SP Simamora, Asisten I Maju Lumban Gaol SH, para kepala badan, kadis, kakan, kabag dan camat se-Humbanghas.

Dalam arahannya, Kapolres mengimbau agar seluruh instansi pemerintah tokoh agama, tokoh masyarakat, OKP, LSM supaya saling menjaga keamanan dalam pilkada yang sudah diambang pintu. Khusus kepada anggota Polri, Kapolres meminta agar menciptakan keamanan dan tidak menimbulkan blok-blokan: serta “Apabila ada anggota Polri kedapatan terlibat mensukseskan para calon bupati, akan diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku. Seluruh anggota Polri yang ada di Humbanghas sudah saya berikan petunjuk untuk netral. Jadi Polri harus memilih sesuai hati nurani,”ujar Hutajulu.

Dalam pengamanan Pilkada nanti, Kapolres Humbanghas mengaku sudah mempersiapkan pasukan dari Polri, dan dibantu aparat dari TNI dari Kodim 0210/TU, Linmas, Satpol PP yang diperkirakan berjumlah 1581 orang lebih. Petugas pengaman Pilkada akan lebih banyak ditempatkan ditempat pemungutan suara yang daerah kecamatannya dianggap rawan, seperti di Kecamatan Tarabintang, Pakkat dan Onan Ganjang. Ketiga kecamatan tersebut dikatakan Hutajulu berdekatan dengan perbatasan Aceh. Oleh karena itu, Hutajulu mengharapkan semua pihak mampu bersikap positif agar tercipta rasa aman dan Humbang Hasundutan tetap dalam keadaan kondusif baik sejak kampanye dimulai, sampai adanya calon terpilih dan pelantikan bupati/wakil yang terpilih periode 2005-2010.

Sementara ditempat terpisah AN Tinambunan Humas Pemkab Humbanghas yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/6) mengatakan bahwa mengenai kenetralan PNS dilingkungan Pemkab Humbanghas terus disosialisasikan dalam berbagai pertemuan, bahkan Bupati Humbang Hasundutan Sarlandy Hutabarat,Sh telah menginstruksikan kepada setiap PNS agar tidak ikut menjadi tim sukses serta ikut kampenye namun PNS harus bersikap netral karena sikap PNS dalam menghadapi Pilkada sudah diatur oleh undang-undang.

“PNS Pemkab Humbang Hasundutan juga telah mengucapkan ikrar netralitas saat apel pagi di Tanah Lapang Doloksanggul baru-baru ini dengan inspektur upacara Bupati Humbang Hasundutan, dan Bapak Bupati juga sudah menginstruksikan kepada seluruh camat agar melaksanakan hal yang sama di wilayah kerjanya masing-masing, ujar Tinambunan.

Menurutnya, Bupati sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Humbang Hasundutan dari berbagai komponen yang tetap mengedepankan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sehingga berbagai tahapan Pilkada sudah terlalui dengan baik, sehingga bupati juga sangat mengharapkan agar dalam pelaskanaan tahapan-tahapan Pilkada selanjutnya tetap bersama-sama berperan aktif memelihara kenyamanan, rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Sumber : (Porman T) BOna Pasogit, Dolok Sanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.