Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
30
Mei '05

Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-22 se-Sumatera: Tampil Jadi Juara, Peserta dari Medan Jadi Wakil Tingkat Nasional


Julinda Fong dari Yayasan Hino Medan dan Syahputra Pohan dari Perguruan Tinggi Swadaya Medan keluar sebagai juara I dan II lomba pidato Bahasa Jepang ke-22 se-Sumatera (28/5).

Lomba yang digelar oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Medan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Padang Bulan, Sabtu(28/5)

Kedua peserta itu berhak tampil mewakili Sumatera di tingkat nasional dalam lomba serupa yang rencananya diadakan pada 2 Juli 2005 di Jakarta.

Lomba pidato Bahasa Jepang yang berlangsung sehari itu dibuka Konsul Jepang di Medan, Hashi Hiroharudan dihadiri antara lain Dekan Fakultas Sastra USU, Prof Dr Bahren Umar Siregar dan Ketua Persada Sumut, Prof Dr Darwin Dalimunthe.

Lomba itu sendiri mendapat sambutan luas dari kalangan muda, khususnya mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Sastra USU yang memenuhi gelanggang.

Konsul Jepang dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya karena bisa hadir dalam lomba ini. Sebab, dia sangat menghargai orang mempunyai keinginan untuk berbahasa Jepang, walaupun belum lancar.

‘’Apalagi jika saya bertemu dengan orang Indonesia baik ketika di negara lain ataupun di Indonesia yang mencoba berbahasa Jepang satu-dua katapun, saya akan sangat senang sekali,'’ ungkapnya.

Dikatakannya, pidato bukan hanya mengandalkan lancar dalam berbahasa, tapi isi cerita juga harus baik dan menarik untuk didengarkan. Hal lain harus diperhatikan ialah penguasaan materi dan cara penyampaian.

Hashi Hiroharu juga mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh peserta lomba, serta pihak lainnya yang sudah bekerja keras demi kelancaran lomba tersebut.

Konsul Jepang di Medan, Hashi Hiroharu menyerahkan piala bergilir dan piala tetap kepada juara I dan II lomba pidato Bahasa Jepang tersebut.

Berdasarkan penilaian tim juri yang diketuai Kondo Matsuhiro, dari 13 peserta yang berasal dari Medan, Padang dan Lampung, enam orang dinyatakan sebagai pemenang.

Sesuai urutan, setelah Julinda dan Syahputra, juara berikutnya ialah Nurhanifah dari Padang (Sumbar), Makmur Siburian (PT Swadaya Medan), Nono Rinawan (Lampung) dan juara harapan Nora Silaban (Medan).

Selain memberikan hadiah kepada para pemenang, panitia juga menghadiahkan kenang-kenangan di antaranya kamus Bahasa Jepang kepada seluruh peserta. Lomba pidato Bahasa Jepang itu juga dimeriahkan dengan suguhan kesenian tradisional dari Sumatera Utara.

Sumber: (pemko) Pemko Medan, Medan


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-22 se-Sumatera: Tampil Jadi Juara, Peserta dari Medan Jadi Wakil Tingkat Nasional”

  1. Tanggapan Nardo Tesri:

    boku no namae wa narudo desu.padang kara desu. boku wa nihongn no kuni ni ittakoto arundesu.boku nihonggo wa tottemo suki desu .boku mo ano contesuto yaritai desu

  2. Tanggapan nardo tesri:

    menurut saya perlombaan ini sangat membantu sekali bagi anak2 indonesia.jadi kalau mereka kejepang, mereka tidak bingung lagi berbicara dg orang jepang. saya ingin juga ikut kontes bahasa jepang.saya sekarang bersekolah dikota padang.saya bisa bhs jepang sedikit sedikit.onegai shimasu. arigatou gozaimasu

  3. Tanggapan ihsan alfalah:

    saya sangat setuju dengan diadakan lomba ini ,karena aku sangant ingin pergi ke jepang sehinnga aku harus belajar dengan keras.tapi aku masih kelas 1 sma dan aku belum tahu apa2 tentang pidato,kalau bisa aku mau tahu dimana dan judul bukunya apa?tentang panduan pidato bahas jepang…..????/kotaete kudasai………

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » RBC [Riau Boxing Camp] Resmi Kontrak John Cut Siregar
Artikel selanjutnya :
   » » Julinda Fong Juara Lomba Pidato Bahasa Jepang