Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
18
Apr '05

PDIP dan PPP Resmi Tinggalkan Badrul


Badrul dinilai hanya mengakomodasi tuntutan satu parpol. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), PPP, dan Partai Damai Sejahtera (PDS) resmi meniggalkan Badrul Kamal. Kini mereka berpaling kepada bakal calon (balon) wali kota Depok yang lain yaitu pasangan Yus Ruswandi dan HM Soetadi Dipowongso.

Dalam memperkuat dukungan itu, ketiga partai politik tersebut membentuk koalisi yang diberi nama Koalisi Rakyat Bersatu. Menurut CP Silaban, juru bicara DPC PDIP Kota Depok, kesepakatan meninggalkan Badrul Kamal, diputuskan setelah ketiga parpol tersebut merasa kecewa atas tindakan mantan wali kota itu yang tidak aspiratif terhadap partai-partai yang mendukungnya. ‘’Kami mengalami perlakuan yang tidak demokratis, dengan tidak diakuinya kedaulatan partai kami oleh Badrul Kamal,'’ ujarnya, Ahad (17/4).

Disebutkan, Badrul Kamal merupakan figur politis sentralistik yang menghegemoni seluruh partai yang mendukungnya. ‘’Pada waktu itu kami mengajukan nama bakal calon wakil wali kota dari partai-partai pendukung untuk berpasangan dengannya. Tapi dia tidak mengindahkan hal itu,'’ tutur Silaban. Dengan begitu, lanjutnya, Badrul telah menunjukan bahwa dirinya tidak mempunyai sisi demokratis. ‘’Seolah-olah dia menganggap kita (partai pendukung) hanya sebagai politisi-politisi kelas kacang yang sudah ada di tangannya,'’ tambah Pardamean Sitompul, sekretaris PDS DPC Kota Depok.

Menurut Pardamean, elite-elite politik yang dulu mendukung diri Badrul, bukanlah bertujuan mencari uang. Ia mengaku pihaknya tidak sudi melakukan pembohongan publik, karena uang. Untuk itu, partainya bersama dua partai lain mengusung pasangan calon lain untuk mengikuti bursa Pilkada Langsung di Kota Depok. ‘’Ini juga sebagai pembelajaran politik bagi rakyat,'’ tandasnya.

Hal senada juga dikatakan, Rafie Ahmad, sekretaris PPP DPC Kota Depok. Disebutkan, latar belakang kenapa menarik dukungan dari Badrul karena yang bersangkutan dinilai tidak mengakomodasi partai-partai pendukungnya. Menyadari hal tersebut, partainya memutuskan untuk mendukung pasangan Yuspo (Yus Ruswandi-Dipowongso). Menurut dia, dipilihnya pasangan itu karenakan beberapa hal. Di antaranya Yus Ruswandi sebagai mantan wakil wali Kota Depok periode sebelumnya merupakan orang yang mempunyai jasa besar terhadap kemajuan Kota Depok. ‘’Selain itu, beliau merupakan tokoh yang mempunyai akar rumput yang kuat di kota ini.'’

Dengan kemampuan dan latar belakang yang baik, serta diusung oleh tiga parpol, Rafie yakin, pasangan balon itu akan mendapat simpati dari warga Depok. Dukungan dari Koalisi Partai Masyarakat Depok (partai-partai yang tidak mendapatkan kursi dalam pemilu lalu) terhadap pasangan Yuspo membuat mereka semakin yakin, kalau balon yang diusung itu bakal menang dalam pilkada.

Paling tidak, katanya, berdasarkan hasil pemilu legislatif lalu, pasangan ini akan mendapat 30 persen suara. ‘’Saingan utama kali ini hanyalah dari PKS,'’ paparnya. Tapi dia tetap opitimistis pasangan Yuspo minimal akan lolos putaran kedua. Kita tidak mengharapkan hanya ada dua atau tiga pasanga saja dalam Pilkada ini, apabila perlu ada lima pasang sekalian.'’ Disebutkan, pendeklarasian pasangan Yuspo akan digelar Rabu mendatang. Namun, katanya, Koalisi Rakyat Bersatu harus membuat pengumuman terlebih dahulu untuk menepis wacana yang berkembang di masyarakat bahwa Yus Ruswandi tidak akan ikut dalam pilkada yang akan berlangsung 26 Juni nanti.

Sebelumnya Yus Ruswandi sudah berniat untuk tidak terjun lagi ke dalam dunia politik (pilkada). Namun setelah bertemu dengan beberapa orang dari Koalisi Rakyat Bersatu, mantan wakil wali kota ini menyatakan siap untuk bertempur. ‘’Kalau alasannya untuk kepentingan masyarakat Depok, bukan untuk kepentingan parpol, saya siap turun gunung,'’ ujar Yus Ruswandi.

Sumber : (c28) Republika Online, Depok


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Giliran Tahanan Polres Jaktim Kabur
Artikel selanjutnya :
   » » Dua Komplotan Copet Diringkus