Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
11
Mar '05

Peta Koalisi Pilkada [Pemilihan kepala daerah] Depok Belum Pasti


Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Depok akan dilaksanakan sekitar tanggal 26 Juni, namun partai-partai belum memastikan mitra koalisinya.

Partai Keadilan Sejahtera yang telah memastikan diri akan mengusung Nur Mahmudi Ismail sebagai calon wali kota tengah menjalin komunikasi dengan enam fraksi lain di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok.

Enam fraksi itu adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi partai Golkar, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), dan Fraksi Partai Damai Sejahtera.

“Tapi masih dalam tahap komunikasi politik, belum ke tingkat strategi untuk membangun koalisi,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Qurtifah Wijaya saat dihubungi Tempo, Jumat (11/3).

Menurut Qurtifah, hingga kini belum ada satu fraksi atau partai pun di Kota Depok yang telah memastikan peta koalisinya. Dia mencontohkan PAN yang sebelumnya menyatakan akan berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), saat ini tidak terdengar lagi kabarnya.

Koordinator Tim Sukses PDIP, S.K.P. Silaban, yang juga dihubungi Tempo, menyatakan bahwa partainya belum memastikan akan berkoalisi dengan partai mana. Sebelumnya, “Partai Banteng” ini telah memilih Muhammad Sutadi Dipo Wongso sebagai calon wakil wali kota. PDIP Kota Depok tidak bisa memajukan nama calon wali kota karena perolehan suara saat pemilihan umum 2004 tidak mencapai 15 persen.

“Koalisi bergantung pada partai mana yang menggandeng Dipo sebagai wakil wali kota,” katanya. Jika ternyata syarat tersebut tidak dipenuhi, Silaban menyatakan akan kembali membicarakan dukungan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Sumber : (Suliyanti Pakpahan) Tempo Interaktif, Depok


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.