Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
28
Feb '05

70 Kasus DBD Ditemukan di Papua


Kasus demam berdarah dengue (DBD) mulai mewabah di Provinsi Papua. Health Crisis Centre (HCC) Provinsi Papua menemukan 70 kasus demam berdarah sepanjang awal tahun 2005 di Papua.

70 kasus demam berdarah itu di antaranya tersebar di Kota Jayapura dengan 13 kasus, di Kabupaten Jayapura dengan dua kasus, 50 kasus di Kabupaten Merauke dan lima kasus di Kabupaten Fakfak,” jelas Paminto, Koordinator HCC Provinsi Papua yang ditemui Tempo di Jayapura, Sabtu (26/2).

Dari 70 kasus ini, kata Paminto, dua di antaranya meninggal dunia, antara lain satu kasus di Kabupaten Merauke dan satu kasus di Kabupaten Fakfak.

“Jumlah yang dilaporkan ini seluruhnya belum lengkap. Kemungkinan besar kasus demam berdarah yang tersebar di Papua lebih dari 70 kasus,” jelasnya.

Menurut Paminto, khusus di Kabupaten Fakfak, kejadian demam berdarah ini dikategorikan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

“Mengapa kasus demam berdarah di Kabupaten Fakfak saya katakan sebagai KLB, karena selama ini Kabupaten Fakfak selalu bebas dari demam berdarah dan baru tahun ini didapatkan kasus demam berdarah,” jelasnya.

Dengan kejadian tersebut, Paminto mengimbau seluruh masyarakat Papua agar tetap waspada dan selalu membersihkan genangan air dan sampah-sampah yang ada di lingkungan sekitar rumahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Papua Tigor Silaban mengimbau kepada para kepala dinas kabupaten/kota di Provinsi Papua agar menyikapi 70 kasus demam berdarah tersebut.

“Kemungkinan besar kasus ini akan terus bertambah, mengingat saat ini masih musim hujan, dan sikap yang harus segera diambil adalah dengan melakukan tindakan pencegahan, antara lain dengan pengasapan radius 500 meter dari sumber wabah,” jelasnya.

Sumber: Tempo Interaktif via Info Papua, Jayapura


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.