Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
22
Nov '04

Pelantikan Praeses Baru di Langkat dan Riau


Ephorus HKBP Pdt Dr B. Napitupulu memimpin ibadah pelantikan Praeses baru HKBP Distrik 22 Riau Pdt Marudur G. Tampubolon, STh, Minggu (21/11) di HKBP Pekanbaru, Riau. Sebelumnya, Pdt Tampubolon adalah pejabat Praeses di Distrik yang sama selama beberapa tahun terakhir dan dalam Sinode Godang ke-58, 6-12 September 2004 yang lalu terpilih sebagai salah seorang Praeses HKBP masa bakti 2004-2008. Selain itu, pada saat yang sama pelantikan Praeses lain juga dilangsungkan di HKBP Binjai, Langkat, Sumatra Utara.

Seorang praeses di HKBP harus mampu merangkul semua elemen masyarakat di daerahnya bukan hanya anggota jemaatnya saja. Gereja harus muncul di masyarakat secara inklusif, terbuka, dialogis dan transparan, ungkap Kepala Depertemen Marturia HKBP Pdt MH Sihite STh, dalam ibadah pergantian Praeses XXIII Langkat dari Pdt HM Sihombing STh kepada Pdt Monang Silaban, STh, Minggu (21/11) di gereja HKBP Binjai Kota disaksikan ribuan anggota jemaat yang sengaja hadir dari 100 gereja HKBP di kawasan Langkat dan Langsa.

Pdt MH Sihite STh yang hadir dan berkhotbah mewakili pimpinan pusat HKBP juga menegaskan bahwa tugas seorang pekerja di gereja adalah melayani orang untuk bersiap dan mempersiapkan diri. Karena orang Kristen harus senantiasa siap. Ketidaksiapan bukanlah ciri khas umat Kristen karena ketidaksiapan dapat menjauhkan kita dari kehidupan damai dan abadi, tambahnya.

Selain itu, Pdt MH Sihite juga menegaskan bahwa bagaimanapun kita harus menyadari bahwa ada hukum di dunia yang juga tidak dapat ditampik oleh manusia. Yaitu semua akan berlalu seperti air. Mengalir dan berganti dengan yang lain. Hanya ada satu jaminan dalam tangan Tuhan yang membuat dan menjanjikan keabadian bagi umatnya, ungkapnya.

Serah terima jabatan Praeses Distrik XXIII HKBP Langkat yang melingkup daerah Langkat, Langsa, Teluk Aru, Tandam Hilir, Binjai, Tandam dan Besitang yang terdiri dari 100 lebih gereja tersebut dari Pdt HM Sihombing yang pindah ke Distrik Medan kepada Pdt M Silaban STh yang selama ini cukup dikenal di jajaran HKBP.

Selain serah terima jabatan yang dilakukan lewat estape dan aturan gereja sesuai hasil Sinode Godang HKBP baru-baru ini juga dilantik Pdt K Sibarani sebagai kepala bidang yang mencakup pelayanan di Distrik XXIII Langkat. Distrik XXIII Langkat ini dahulunya merupakan bagian dari Distrik X Medan-Aceh. Kemudian dimandirikan menjadi distrik XXIII Langkat saja.

Warga jemaat HKBP yang datang dari berbagai gereja di distrik tersebut memenuhi ruang gereja hingga ke tenda luar. Setelah acara kebaktian dilanjutkan dengan acara temu pisah yang cukup mengharukan. Anggota jemaat rata-rata memeluk haru Pdt HM Sihombing yang akan pindah dan mengucapkan selamat jalan. Sementara Pdt M Silaban STh yang masih muda dan cukup energik mendapat ucapan selamat datang dengan penuh harapan. Banyak anggota jemaat merasa optimis bahwa HKBP Distrik XXIII akan berkembang lebih pesat karena praeses yang baru cukup muda dan mempunyai pengalaman yang panjang di HKBP. Dan merupakan tokoh muda yang juga mendapat perhitungan dalam institusi HKBP sendiri.

Acara yang dilakukan tersebut berlangsung aman dan meriah dan kemudian ditutup dengan makan bersama di aula gereja HKBP tersebut.

Selamat bertugas kepada para Praeses baru, Tuhan memberkati pelayanan kita!

Sumber : (Biro Informasi HKBP) hkbp.or.id


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.