Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
22
Nov '04

Ketua Tim Penggerak PKK Taput Ibu Elly Boru Manalu: Pembinaan Anak Harus Dilakukan Sedini Mungkin


Ketua Tim Pengerak PKK Tapanuli Utara Elly boru Manalu mengatakan, bahwa pembinaan anak harus dilakukan sedini mungkin agar mampu menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Hal itu disampaikan pada Lomba Bulan Balita yang dilaksanakan baru-baru ini di Komplek Kantor Tim Penggerak PKK Tapanuli Utara Tarutung.
Puluhan ibu-ibu yang datang dari kecamatan se Tapanuli Utara untuk mendampingi anak Balita yang ikut berlomba, Ketua Penggerak PKK Taput menegaskan, tugas untuk melaksanakan pembinaan itu harus dilakukan secara bertanggung jawab oleh keluarga, masyarakat disekitar lingkungan dan pemerintah.

Pada kesempatan itu ditekankan, bahwa orang tua wajib menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan memberikan kesejahteraan lahir dan batin. Orang tua juga harus memberikan pengajaran tata krama dan sopan santun. Memberikan keteladanan dan disiplin secara terus menerus sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan dari perilaku anak. Dalam bagian sambutannya, Ketua Penggerak PKK Taput mengharapkan, Kegiatan Bulan Balita ini akan terus diagendakan setiap tahunnya dan menjadi sarana pembinaan bakat dan keterampilan anak sejak dini, meningkatkan daya kreatifitas anak, meningkatkan pemahaman kader Posyandu untuk peningkatan derajad kesehatan, memotivasi generasi muda/remaja untuk memampukan diri menjadi generasi penerus yang sehat dan terampil, membentuk wadah generasi muda/remaja yang berahlak baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengantisipasi generasi muda dari hal-hal negatif akibat globalisasi melalui karya tulis.

Ketua Penggerak PKK Taput juga mengharapkan setiap juara perlombaan diberikan latihan lanjutan, karena akan diikutkan dalam Lomba Bulan Balita tingkat Propinsi.
Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam arahan danbimbingannya mengingatkan, bahwa Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja Pemerintah untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Termasuk didalamnya kegiatan pembinaan terhadap anak-anak dan generasi muda. Bupati mengakui, bahwa Gerkan PKK di setiap tingkat telah memberikan peranannya yang sangat besar dalam mensukseskan pembangunan. Untuk itu Bupati mengingatkan agar ibu-ibu PKK harus menjadi Pola Anutan dan pembinaan keluarga dan anak-anak.

Sekaitan dengan pelaksanaan Lomba Bulan Balita yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK Taput, Bupati merasa gembira dan berharap kegiatan itu dapat memberikan hasil yang menggembirakan terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama anak-anak yang menjadi genesi penerus.
Dikatakan, Bulan Balita dengan Thema : Melalui Kegiatan Bulan Balita XXII dan Bina Generasi Muda/Remaja tahun 2004, Kita Tingkatkan Jiwa nasionalisme Anak Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasiā€ sungguh-sungguh dapat menggugah semangat masyarakat Tapanuli Utara khususnya Tim Penggerak PKK Taput untuk terus berbuat dan melakukan pembinaan-pembinaan kepada Anak Balita dan Generasi Muda/Remaja.

Sebelumnya Ketua panitia Lomba Bulan Balita ke XXII tahun 2004 Ny. Sanggam Hutagalung dalam laporannya menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari dua barisan. A. Bulan Balita XXII yang meliputi Lomba bermain alat permainan edukatif (APE), Lomba balita mandiri, Lomba Balita Berdeklamasi, Lomba Penyuluhan Kader Posyandu. Sementara Bagian B Bina Generasi Muda/Remaja memperlombakan Lomba membuat alat permainan Edukatif, Lomba Penyuluhan Kepedulian Remaja dalam pencegahan dan penanggulangan terhadap tindak kekerasan dan perdagangan anak serta lomba mengarang.

Para penumpang lomba Bulan Balita ke-XXII, Lomba Bermain APE : juara 1; Trison Nainggolan dari Tarutung, juara II; Tua Fernando Sitorus dari Tarutung, juara III; Rifai Sinaga dari Sipoholon. Lomba Balita Mandiri ; juara 1; Michael L. Tobing dari Tarutung, juara II; Jelly Silaban dari Parmonangan, juara III; Rizky Nainggolan dari Purbatua. Lomba Anak Bercerita; juara 1; Natalia Situmorang dari Tarutung, juara II; Sari Hutasoit dari Siborongborong, juara III; Rico Pasaribu dari Pagaran. Lomba Balita Berdeklamasi; juara 1; Desi Sitompul dari Tarutung, juara II; Roy Hutagalung dari Tarutung, juara III; Angga Saragi dari Pangaribuan. Lomba Penyuluhan Kader Posyandu; juara 1; Ny. TH. Gultom dari Pangaribuan, juara II; Ny. M. Simanungkalit dari Sipoholon, juara III; Ny. L. Sitompul dari Siatas Barita.

Para juara lomba Bina Generasi Muda/Remaja tahun 2004, Lomba Membuat APE; juara 1; Berliana Hutagalung dari Tarutung, juara II; Willer Nababan dari Sipoholon, juara III ; - (tak ada). Lomba penyuluhan kepedulian remaja dalam pencegahan dan penanggulangan terhadap tindak kekerasan dan perdagangan anak, juara 1; Hemri Simbolon dari Sipoholon, juara II; Jun Verawati Siregar dari Tarutung, juara III; Kristina Simamora dari pagaran. Lomba mengarang; juara 1; Lorry Yanti Manullang dari Tarutung, juara II; Hotben Silitonga dari Sipahutar, juara III; Marjono Sihombing dari Pagaran.

Sumber : (r-04/r-06) Bona Pasogit, Tarutung


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pelantikan Praeses Baru di Langkat dan Riau
Artikel selanjutnya :
   » » Poltak: Kami Tak Tinggal Diam