Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
14
Sep '04

Review Pendidikan SMP Negeri 4 Siborongborong Berjalan Lancar, Menarik dan Bermakna Ganda


Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar diperlukan kerja keras semua pihak, karena banyak persoalan yang harus ditangani mulai dari pemenuhan sarana prasarana, kualitas pendidik, lingkungan pendidikan yang kondusif, dukungan moral dan material masyarakat, kurikulum dan manajemen pendidikan.

Salah satu kiat penting dalam mengelola pendidikan adalah “duduk bersama” membicarakan masalah-masalah pendidikan dasar. Hal ini kurang mendapat perhatian terutama dikalangan para pendidik dijajaran pendidikan dasar. Duduk bersama dan berdiskusi sesama pengelola pendidikan dasar (SD-SMP) secara formal jarang terlaksana. Sehingga pembicaraan tentang kualitas pendidikan dasar terkesan bersifat sepotong-sepotong bahkan mengarah kepada kondisi pengkotak-kotakan. Kondisi ini tidak menguntungkan sebab akar permasalahan tidak jelas dan masing-masing pihak kurang merasa bertanggung jawab.

Dalam konteks inilah Drs J Purba (Kepala SMP Negeri 4 Siborongborong) pada hari Selasa, 14 September 2004, melaksanakan kegiatan Review Pendidikan dengan mengundang seluruh Kepala SD, SMP, SMA/SMK se-Kecamatan Siborongborong, KCD Diknas dan Camat Siborongborong, koordinator Pengawas Dikmenum Tapanuli Utara dan Kepala Dinas Diknas Tapanuli Utara yang diwakili oleh Kasubdis Kurikulum Drs P. Hutagalung.

Review ini berjalan sangat menarik setelah Kepala SMP Negeri 4 Siborongborong Drs J. Purba bersama A. Rumapea SPd, dan M. Sinambela Spd masing-masing guru matematika dan Bahasa Indonesia menyampaikan dan menjelaskan kondisi belajar siswa kelas tujuh setelah lebih kurang satu bulan di didik di SMP Negeri 4 Siborongborong, pemaparan ini berupa penyampaian data nilai siswa kelas VII yang baru saja lulus dari SD yakni nilai STL (Nilai lulus SD), nilai sebelum masuk PBM SMP Negeri 4 Siborongborong dan nilai setelah dididik selama satu bulan.

Dalan suasana santai dan kekeluargaan berlangsung diskusi dimana Kepala SD memaparkan keberadaan pendidikan di SD, sekaligus dengan keterbukaan mengakui masih adanya titik-titik lemah dalam pengelolaan yang mereka laksanakan. Guru-guru SMP Negeri 4 Siborongborong juga menyampaikan salut atas upaya dan kerja keras semua guru-guru dan kepala SD se-Kecamatan Siborongborong serta penghargaan yang tinggi kepada KCD Diknas Kecamatan Siborongborong Drs M Lumbantoruan maupun Camat Siborongborong Drs EV Simanungkalit,MM yang secara bersama-sama mendorong percepatan peningkatan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Siborongborong.

Masih di dalam review ini, Pengawas Dikmenum P. Hutauruk,SPd dan Drs J. Sianturi serta Kepala Dinas Diknas Tapanuli Utara yang diwakili Kasubdis Kurikulum Drs P. Hutagalung juga pada awal pertemuan telah menyampaikan materi implementasi KBK 2004 yang mendapat respon sangat baik dari kepala-kepala SD, guru-guru SMP Negeri 4 Siborongborong, terlihat dari pengakuan dan tanggapan-tanggapan yang mereka kemukakan.

Pada akhir review ketua Komite SMP negeri 4 Siborongborong St. K. Silaban BSc, Drs M. Lumbantoruan KCD Diknas dan Drs EV Simanungkalit,MM Camat Siborongborong secara berturut-turut menyatakan bangga kepada keluarga besar SMP Negeri 4 Siborongborong karena dalam dua tahun terakhir terlihat sangat signifikan kemajuan SMP Negeri 4 Siborongborong dibawah kepemimpinan Drs J. Purba sebagai kepala sekolah yang juga sebagai Instruktur Basic Education Project Provinsi Sumatera Utara ditambah lagi dengan pelaskanaan review pendidikan SMP Negeri 4 Siborongborong yang baru pertama sekali dilaksanakan di Tapanuli Utara untuk tingkat pendidikan dasar dimana kegiatan ini sangat bermakna tidak hanya bagi unit SMP Negeri 4 Siborongborong tetapi bahkan sangat bermakna ganda bagi pendidikan di Kecamatan Siborongborong secara umum. Review pendidikan SMP Negeri 4 Siborongborong diakhiri dengan makan bersama, sebelum peserta kembali ke tempat masing-masintg.

Pada review pendidikan tersebut dihadiri semua Kepala SD Negeri dan Swasta, Kepala SMP dan SMA/SMK se Kec. Siborongborong, mewakili Kepala Dinas Diknas Tapanuli Utara Drs P Hutagalung (Kasubdis Kurikulum) Korwas Diknas Tapanuli Utara, KCD Diknas Kecamatan Siborongborong dan Camat Siborongborong.

Sumber : (WS) Bona Pasogit, Siborong-borong


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Setelah Duel Tak Seimbang, Dua Pria Dilarikan ke RS [Rumah Sakit]
Artikel selanjutnya :
   » » 12 Anggota DPRD Kota Depok Ditahan