Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
31
Agt '04

Sinode Godang Ke-58 HKBP Seminarium Sipoholon, Tgl 6-12 September 2004


SINODE GODANG KE-58 HKBP
SEMINARIUM SIPOHOLON, TGL 6-12 SEPTEMBER 2004

1. WAKTU DAN TEMPAT

Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-58 akan berlangsung tgl 6-12 September 2004 di Seminarium Sipoholon, Tarutung, Tapanuli Utara. Menurut rencana semula, Sinode Godang ke-58 ini seyogianya akan dilaksanakan tgl 13-19 September 2004, namun untuk menghormati proses demokratisasi yang sedang berlangsung di negara kita, maka pelaksanaan Sinode Godang ini dimajukan/dipercepat selama seminggu. Proses demokratisasi dimaksud adalah putaran kedua Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung tgl 20 September 2004 yang akan datang. Sebagai wujud kesadaran berbangsa dan bernegara pelayan dan warga jemaat HKBP, maka pelaksanaan Sinode Godang dimajukan menjadi tgl 6-12 September 2004.

2. THEMA DAN SUB-THEMA

Thema:
Tuhan Allah Memberangkatkan dengan Sukacita dan Damai (Yesaya 55:12a).

Sub-Thema:
HKBP Melayani untuk Menjadi Kesembuhan di Tengah Krisis Bangsa.

3. AGENDA

Agenda Sinode Godang ke-58 ini antara lain:

3.1
Memilih Pimpinan baru HKBP periode 2004-2008. Pimpinan baru ini akan berupa sebuah tim yang terdiri dari lima orang, yakni
a. Ephorus
b. Sekretaris Jenderal
c. Kepala Departemen Koinonia
d. Kepala Departemen Marturia
e. Kepala Departemen Diakonia

3.2
Memilih 25 Praeses yang akan memimpin 25 distrik di seluruh HKBP.

3.3
Menetapkan Rencana Induk Pengembangan Pelayanan HKBP 2004-2008 dan Rencana Strategis HKBP 2004-2008 serta Program Umum HKBP 2004-2008.

3.4
Menerima dan mempertimbangkan laporan Pimpinan HKBP yang terdiri dari Barita Jujur Taon (Laporan Pertanggungjawaban) Ephorus 1998-2004 dan Barita Pangulaon (Laporan Pelayanan) Sekretaris Jenderal 1998-2004.

4. JUMLAH YANG AKAN HADIR

Dari segi jumlah yang hadir, Sinode Godang ke-58 ini akan merupakan Sinode Godang terbesar dalam sejarah HKBP sejak kelahirannya tgl 7 Oktober 1861. Sinode ini akan dihadiri oleh 1.135 peserta (yang punya hak suara memilih Pimpinan baru HKBP), 55 peninjau/tamu, dan 150 panitia, sehingga jumlahnya 1.340 orang. Ditambah dengan wartawan serta para penggembira, jumlah yang hadir akan mencapai 1.500 orang.

5. SUSUNAN PANITIA

Berdasarkan Surat Keputusan Ephorus HKBP No. 103/L08/I/2004, tgl 29 Januari 2004 maka Susunan Panitia Sinode Godang ke-58 HKBP, adalah sbb:

Steering Committee: Ephorus HKBP, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt E. Simanungkalit, STh, Pdt J.M. Manulang, MTh, Pdt Nelson Siregar, STh, St. Drs. P.M. Banjarnahor, MSc, St. Dj. Sihombing, SH

Penanggungjawab: Ephorus HKBP Pdt Dr. J.R. Hutauruk.

Ketua Umum: Sekretaris Jenderal HKBP Pdt W.T.P. Simarmata, MA

Ketua-I: Pdt Dr. Plasthon Simanjuntak, Ketua-II: Pdt Tendens Simanjuntak, STh.

Sekretaris-I: Pdt Drs. Robert F. Silitonga, MTh, Sekretaris-II: Pdt Siman Hutahaean, MTh,

Bendahara-I: Pdt B.M. Siagian, STh, Bendahara-II: St. L. Situmeang

Panitia Kredensi: Pdt Dr. Lukman Panjaitan, St.Ir. H. Simanjuntak, Pdt Ramlan Hutahaean, MTh, Pdt P.H. Nainggolan, MTh.

Seksi Ibadah: Pdt W.F. Simamora, MTh, Dra. Julice Silitonga

Seksi Persidangan/Sound System: Pdt Monang Silaban, STh, Pdt K. Hutabarat, STh, Pdt N. Sihotang, MDiv

Seksi Keamanan: Pdt Pantun Sirait, STh, SH

Seksi Konsumsi: Pdt Manarias Sinaga, MTh, Pdt Meditatio Situmorang, STh

Seksi Akomodasi/Pandu: Pdt B.M. Sipahutar, STh, Pdt Petrus Pardede, MTh, Pdt C.O.R. Silaban, STh, Pdt A.Z. Sihite, MTh.

Seksi Publikasi/Dokumentasi: Pdt Martunas P. Manullang, MTh, Pdt Ir. Thomson Martua Parulian Sinaga, MM

Seksi Transportasi: Pdt J. Lumbantobing, MTh, Pdt Jhonny Sihite, STh

Seksi Kesehatan: Dr. Sabam Napitupulu, Sp.B

Seksi Kebersihan/Air Listrik/Peralatan: Pdt Kardi Simanjuntak, M.Min, Drs. J. Sinaga.

Seksi Tamu/Hiburan/Dekorasi: Bvr. Sentiria Sitorus

Seksi Notulis: Pdt Colan W.Z. Pakpahan, MTh, Pdt Rein Justin. Gultom, STh, Pdt Dewi Sri Sinaga, MTh, Pdt Nelly Hutahaean, MSi, Pdt Sikpan Sihombing, MTh, Pdt Esron Tampubolon, MTh

Seksi Materi: Pdt Marlen Pangaribuan, SE, MBA.

Seksi Dana: Praeses HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan, Praeses HKBP Distrik XIX Jakarta 2, Praeses HKBP Distrik XXI Jakarta 3, Praeses HKBP Distrik XV Sumbagsel, Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh, Augus Napitupulu, SH, Sobo Simangunsong, Ir. Hasudungan Butarbutar, MSi

Sekretariat: Antony Simanjuntak, Diak. Julinda Lubis, Ester Lubis, Anju Sihombing, Riama Sihombing, Pdt M.P. Silitonga, STh.

Setiap Seksi di atas masih dilengkapi dengan nama-nama lain sehingga jumlah keseluruhan Panitia adalah 150 orang.

6. HAL-HAL BARU

Berbeda dengan Sinode Godang sebelumnya, Sinode Godang 2004 ini akan menggunakan Aturan & Peraturan HKBP 2002 yang mulai berlaku tgl 1 Januari 2004 yang lalu. Dengan demikian akan terdapat berbagai hal baru dalam Sinode Godang ini, yakni:

6.1
Sinode Godang 2004 ini didahului oleh Sinode Distrik di 25 distrik yang ada di HKBP. Setiap Sinode Distrik memilih 1-2 orang masing-masing calon Ephorus, Sekjen, Kadep Koinonia, Kadep Marturia, Kadep Diakonia, dan 5 calon Praeses. Calon Pimpinan/Fungsionaris baru HKBP periode 2004-2008 yang akan dipilih oleh Sinode Godang adalah mereka yang sebelumnya telah terpilih dalam sinode-sinode distrik ini.

6.2
Jika selama ini Pucuk Pimpinan HKBP merupakan dwi-tunggal (yakni Ephorus dan Sekretaris Jenderal) maka mulai Sinode Godang 2004 ini akan merupakan sebuah tim yang terdiri dari lima orang, yakni Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia, Kepala Departemen Marturia, dan Kepala Departemen Diakonia.

6.3
Semua nama calon praeses yang dipilih oleh setiap sinode distrik akan diberikan kepada Ephorus HKBP 1998-2004. Setelah Ephorus HKBP periode 2004-2008 terpilih (menurut rencana akan dipilih tgl 9 September 2004), maka Ephorus periode 1998-2004 akan memberikan daftar calon praeses tersebut kepada Ephorus baru periode 2004-2008. Ephorus baru ini akan memilih 2 x jumlah distrik, yakni 2 x 25 = 50 calon praeses. Dari 50 nama ini, Sinode Godang akan memilih 25 nama untuk menjadi Praeses HKBP periode 2004-2008.

7. PELANTIKAN

Pimpinan baru HKBP (Ephorus, Sekjen, dan ketiga Kadep) akan dilantik dalam ibadah Minggu tgl 12 September 2004 di HKBP Pearaja, masuk pkl 09.00 WIB. Ephorus baru akan dilantik oleh pendeta aktif tertua di HKBP. Ibadah pelantikan tersebut akan memakai Tata Ibadah khusus yang telah dipersiapkan oleh Seksi Ibadah. Setelah itu acara akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lainnya sampai pukul 18.00.

Mari kita senantiasa membawa Sinode Godang ini dalam doa-doa kita. Semoga Allah Bapa, Anak-Nya Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus menyertai gereja-Nya. Amin
Sumber : (Biro Informasi HKBP) hkbp.or.id (cached)


Ada 4 tanggapan untuk artikel “Sinode Godang Ke-58 HKBP Seminarium Sipoholon, Tgl 6-12 September 2004”

  1. Tanggapan daniel Siregar:

    Syaloom
    pada tahun 2008 ada sinode Godang
    calon-calonnya
    Eforus ;Pdt. Dr Jamilin Sirait
    Sekjen: Pdt Dr. Siahaan
    Kepala Koinonia: Pdt.B.M, Siagian,S.Th
    Kepala Diakonia: Pdt. Nainggolan M.Th
    Kepala Marturia Pdt. Siregar, M.Th

    ini merupakan bocoran dari parhalado pusat ini calon-calon pucuk pimpinan HKBP 2008-2014 tapi ini hanya 90 %

  2. Tanggapan daniel Siregar:

    Saya berharap Ditubuh kepemimpinan HKBP tidak ada pro-kontra
    ataupun KKN, ataupun memihak (Nababan_Simanjutak). karena supaya aman, sejahtera, tentram, damai sejahtra

  3. Tanggapan daniel Siregar:

    saya memberi masukan bagaimana kalau STT diluar HKBP, STT JAKARTA, UKDW, UKSW. maksud bagaimana diluar itu bisa nggak kalau ada penerimaan pendeta tetapi diluar dari sekolah tersebut diatas
    tolong STT HKBP jangan ada permainan uang dikolong, ataupun kerumah dosen melalui kakak kelas (senior), ataupun setoran-setoran lain karena saya mendapatkan ceritera yang bisa dipertanggungjawabkan

  4. Tanggapan horas lumban raja:

    Unang marulang be angka nasalpu, tapareak ma naimbaru manang ise pe pangitui ni HKBP tajalo ma dohot hata horas ,horas,horas………….jala gabe halak batak harus tegas

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » “Media Center” Siapkan 170 Komputer
Artikel selanjutnya :
   » » “Alam Masih Miliaran Tahun, Silakan Terus Berinvestasi”