Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
29
Agt '04

“Media Center” Siapkan 170 Komputer


Setelah bekerja keras selama tiga hari, Bidang Komunikasi dan Humas Pekan Olahraga Nasional XVI berhasil menyelesaikan media center dengan fasilitas 170 komputer dan jaringan internet. Fasilitas media center yang berlokasi di Gedung Sains Jakabaring, Palembang, tersebut dapat digunakan wartawan peliput PON XVI selama 24 jam penuh.

“Silakan para rekan-rekan wartawan untuk menggunakannya karena peralatan komputer dan jaringan sudah siap. Kami hanya menyelesaikan pekerjaan pelengkap seperti penambahan pendingin ruangan,” ujar Pelaksana Operasional Media Center Meyer Silaban, Sabtu (28/8).

Fasilitas media center semula ditempatkan di salah satu ruangan di Stadion Gelora Sriwijaya. Namun, tempat tersebut tidak memadai untuk mengakomodasi kepentingan sekitar 800 wartawan dari berbagai media yang akan meliput Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI. Akhirnya, panitia meminjam Gedung Sains milik Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan sebagai media center.

Gedung tersebut berjarak setengah kilometer dari Kompleks Stadion Gelora Sriwijaya. Panitia menyediakan 150 unit komputer untuk wartawan umum dan 20 komputer untuk wartawan dari Kantor Berita Antara, yang terbagi dalam lima ruangan. “Karena gedung ini memang tidak didesain khusus untuk media center, kami mohon maaf jika di sejumlah ruangan penempatan komputer agak berdesak-desakan,” ujar Silaban.

Menurut pengamatan, akses komputer yang menggunakan sistem ASTInet berkecepatan satu megabyte (MB) per menit tersebut cukup cepat. Namun, dari sejumlah komputer hanya sekitar 20 komputer memiliki fasilitas card reader yang menyatu dengan komputer. Fasilitas tersebut sangat memudahkan para fotografer yang ingin memindahkan hasil foto dari kamera digital mereka.

Silaban mengatakan, pihaknya sudah merancang default homepage langsung tersambung dengan hasil pertandingan. “Jadi, begitu tersambung ke internet, wartawan bisa langsung melihat hasil-hasil pertandingan,” ujarnya.

Selain di media center, menurut Silaban, ada 41 lokasi venue dan akomodasi yang dipasangi jaringan. “Kami juga menyediakan wireless connection. Jadi, bagi laptop yang menyediakan fasilitas itu bisa langsung akses ke internet tanpa harus terhubung dengan kabel,” tambah Silaban.

Dengan semua kelengkapan itu, panitia masih mengkhawatirkan kelancaran listrik dari PLN. “Memang sudah disediakan genset, tetapi kemarin sempat terjadi mati listrik selama satu jam. Genset tidak bisa dinyalakan karena petugas penjaganya tidak ada,” kata Silaban.
Sumber : (DOT) Harian Kompas, Palembang


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Situs PON ‘Berwajah’ Ganda
Artikel selanjutnya :
   » » Sinode Godang Ke-58 HKBP Seminarium Sipoholon, Tgl 6-12 September 2004