Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
28
Agt '04

Situs PON ‘Berwajah’ Ganda


Situs resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Palembang mempunyai dua wajah berbeda. Wajah yang satu adalah situs resmi yang sebenarnya tetapi satunya lagi berupa situs sebuah perusahaan di bidang agribisnis.

Keanehan yang potensial membuat bingung pengunjung situs resmi PON XVI ini terjadi ketika kita mengetikkan URL (Universal Resources Locator) untuk membuka situs tersebut. Apabila pada URL yang diketikkan www.pon-online.org maka akan langsung mengarah ke situs resmi PON. Di situs ini laiknya situs untuk multieven olahraga akan menjelaskan banyak hal tentang kegiatan tersebut.

Namun, jika mengetikkan URL tanpa diikuti dengan www atau hanya pon-online.org maka yang terbuka adalah situs sebuah perusahaan agri management PT Padi Murni Indonesia. Hal ini sebenarnya sederhana tapi bisa membuat bingung pengunjung yang lupa mengetikkan www sebelum membuka situs pon-online.org.

Sejak Jumat (27/8/2004) malam, pukul 19.30 WIB, kesalahan pada situs PON itu telah diperbaiki. Hal itu diungkapkan Meyer Silaban, atas nama Kasubbid Media Center PB PON XVI Sumsel 2004 dalam e-mail yang diterima detikcom.

Pada saat kejadian itu, administrator situs rupanya lupa mengubah konfigurasi di servernya. Biasanya konfigurasi di server dengan www atau tanpa www tidak dibedakan oleh administratornya. Hampir semua situs sekarang jika dibuka tanpa www akan mengarah ke satu situs. Mengetikkan URL tanpa www atau dengan www biasanya menghasilkan wajah situs yang sama.

Memang ada beberapa yang dibuat beda, tetapi untuk kasus situs PON hal ini sepertinya janggal. Sebagai situs resmi PON tentu harus meminimalkan kebingungan pengunjung.

Situs resmi PON ini dulu diresmikan pada saat Rakornas Kominfo di Kompleks Bidakara Jakarta. Meneg Kominfo Syamsul Muarif menyerahkan situs itu kepada Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman. Ketika itu mereka tidak bersedia membuka berapa biaya pembangunan situs resmi PON.

Mereka menginginkan sistem informasi PON bisa lebih baik dari sistem informasi KPU. Menurut Kabis Humas PB PON XVI Sumsel, Zulkardi, sistem informasi PON ini diharapkan tidak menimbulkan kontroversi. PON XVI akan berlangsung pada 2-14 September 2004 di Palembang.

Sumber : (Titis Widyatmoko) detikInet, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Gelapkan Uang Rp 4 Miliar, 5 Direktur RSCM Diperiksa Polisi
Artikel selanjutnya :
   » » “Media Center” Siapkan 170 Komputer