Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
24
Agt '04

Kebakaran Di Siaro [Siborong-borong], Dua Balita Tewas


Keluarga Besar SMPN 2 Siborongborong Sumbang Korban

Kebakaran yang cukup mengenaskan terjadi di desa Siaro Kecamatan Siborongborong hari Selasa (24/8) sekitar pukul 17.00 WIB menghanguskan tiga rumah milik NP Lumbantoruan, M. Hutaoit dan J. Hutasoit. Dua bocah balita Febrianto Lumbantoruan (4,5 thn) dan Ecita Lumbantoruan (2,5 thn) ditemukan tewas terpanggang api. Ketiga rumah yang terbuat dari kayu itu terbakar dalam waktu singkat.

Sumber di TKP menyebutkan, NP Lumbantoruan dan P. Boru Hutasoit pemilik salah satu rumah yang terbakar, rumah saat kejadian tidak berada di rumah. Dikatakan, NP Lumbantoruan sedang bekerja sebagai penarik betor (beca motor) di pasar Siborongborong dan P. Boru Hutasoit bersama dua orang putranya (Pransisco dan Della) berjualan di pasar Siborongborong. Sementara Agus pergi ke ladang.

Dewi Lumbantoruan (siswi SMP N 2 Siborongborong) bertugas menjaga kedua adiknya menyebutkan, selain menjaga adiknya, Dewi juga harus membersihkan rumah dan mencuci piring. Saat mencuci piring itu, Dewi mengunci kedua adiknya yang sedang tidur di dalam rumah. Tidak diketahui dengan sumber api dan bagaimana kebakaran itu terjadi. Menurut orang tua korban, semasa hidupnya Febriantor Lumbantoruan (4,5) anak yang lincah dan ceria. Ia suka bernyanyi dan selalu mengajak teman-tman sebaynya bernyanyi bersama-sama. Febriantor dan Ecita adalah anak ke empat dan kelima dari emam bersaudara. Sementara Bella si bungsu saat kejadian ikut bersama ibunya di yang berjualan di pasar.

Ditinjau Bupati
Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing bersama sejumlah staf, hari itu juga mengunjungi korban kebakaran dan memberikan dorongan moril dengan kata-kata penghiburan kepada korban. Pada saat itu juga Bupati menyerahkan sejumlah bantuan untuk meringankan beban para korban. Bantuan SMPN 2 Siborongborong
Sementara itu, keluarga besar SMPN 2 Siborong-borong dipimpin Kepala Sekolah Jonaer Silaban hari Kamis (26/8) menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan baju dinas kepada keluarga korban.

Dua orang anak korban kebakaran Agus Lumbantoruan (Kls. III- 6) dan Dewi Boru Lumbantoruan (Kls. I-7) adalah siswa SMP Negeri II. Untuk itu kepada kedua siswa itu diserahkan bantuan baju dinas putih biru, Dinas Pramuka, sepatu sekolah, topi sekolah, dasi dan atribut masing-masing 1 stel serta buku-buku dan bulpoint.

Sebelum menyampaikan bantuan, Kepala Sekolah Jonaer Silaban, SPd menyampaikan kata-kata penghiburan kepada keluarga korban agar tabah menghadapi cobaan itu. Dikatakan, peristiwa yang sangat tragis itu sangat memberikan pukulan hebat kepada keluarga. Namun diharapkan keluarga dapat menyerahkan diri kepada Tuhan sebagai penghibur yang abadi.
Ikut dalam rombongan itu antara lain Wakasek Kingces Nababan, SPd, Pks. Kesenian Mangadatua Manullang,SPd, Pks. Sarana dan Prasarana/Humas Samsir panggabean SPd serta sejumlah guru, pegawai sekolah dan siswa.

Disebutkan, Ny. Joaner Silaban boru Sipahutar pada hari Jumat (27/8) sebagai Ketua Dharmawanita SMP Negeri 2 Siborongborong menyerahkan sejumlah pakaian “layak pakai” kepada keluarga korban dan sejumlah alat-alat sekolah.

Sumber: Bona Pasogit


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.