Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
24
Jul '04

Penerapan Fleksibilitas Kerja Rugikan Buruh


Fleksibilitas pasar kerja di Indonesia hanya akan menguntungkan kelompok profesional (white color workers) di bidang teknologi informasi, jasa keuangan dan komersial. Sementara bagi para pekerja/buruh manufaktur atau yang bekerja dalam wilayah upah minimum, status kerja temporer (tidak permanen) sangat merugikan.

Karena itu, Ketua Umum DPP SBSI Rekson Silaban berharap, ide penerapan fleksibilitas pasar kerja seyogyanya tidak dikenakan kepada seluruh sektor secara seragam. “Sebaiknya lebih difokuskan kepada para pekerja ahli di sektor industri modern dan capital intesif,” ujar Rekson Silaban di Tuban, Kamis (22/7).

Dia mengemukakan sejumlah alasan mengapa fleksibilitas (perpindahan) kerja merugikan para pekerja low level. Pertama, perpindahan kerja mengurangi akumulasi tabungan di Jamsostek. Seiring dengan kurangnya profesionalisme pengelolaan administrasi Jamsostek terhadap peserta yang pindah kerja, menyebabkan buruh tidak terlalu suka pindah kerja. Sebab kalau pindah kerja otomatis dia akan kehilangan semua iuran tabungan hari tua yang sebelumnya dipotong. Kedua, perpindahan kerja juga tidak disukai karena akan berdampak pada pengurangan gaji, karena usia kerja kembali dihitung dari nol. Ketiga, dalam kondisi ekonomi tenaga kerja yang surplus, akan memunculkan ketakutan dalam diri buruh yang tidak ahli, usia tua dan perempuan keluarga. Pasalnya, perusahaan akan lebih suka merekrut tenaga kerja yang lebih mudah, sehat dan berstatus lajang.

Bagi Rekson Silaban, suatu saat bisa saja fleksibilitas kerja ini diterapkan secara seragam pada semua sektor. Asalkan ada perubahan undang-undang (UU), misalnya UU Jamsostek yang baru, di mana perpindahan kerja tidak berakibat terhadap pengurangan pendapatan dan ancaman kehilangan pekerjaan.

Sumber : (056) Bali Post, Denpasar


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Seminar Mahasiswa Tapanuli di Bandung
Artikel selanjutnya :
   » » Ishak vs Monthe Carlos perebutkan sabuk TVRI