Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
23
Apr '04

Lemah, kinerja KPU Kota Kupang


Alokasi dana untuk KPU sangat mencukupi. Kalau ada yang mengatakan bahwa KPU kekurangan dana sehingga banyak hal terhambat, itu tidak masuk akal.
–– Sekretaris DPC PDIP Kota Kupang, Nikolaus Fransiskus, S.IP ––

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Kupang, Nikolaus Fransiskus, S.IP, menilai, kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang sangat lemah. Hal itu terlihat dari beberapa hal, di antaranya terlambatnya penghitungan suara hasil perolehan sementara setiap partai politik (parpol).

“Penghitungan ulang hasil perolehan suara pada beberapa TPS menimbulkan protes dari parpol. Dan, sampai saat ini, penghitungan suara hasil pemilu belum lengkap. Ini mengindikasikan kinerja KPU belum maksimal,” ujar Fransiskus, saat ditemui di Kantor Walikota Kupang, Kamis (22/4).

Dikatakan, selain beberapa item tersebut, masih ada hal lain, misalnya KPU kurang cermat melihat kejanggalan yang terjadi selama pemilu, termasuk kelebihan surat suara sebanyak 6.000 lembar di Kecamatan Alak.

Ditanya kemungkinan KPU kekurangan dana operasional sehingga banyak kegiatan KPU terhambat, Nikolaus mengatakan, alokasi dana untuk KPU setempat sangat mencukupi sampai pelaksana pemilu. “Jadi, kalau ada alasan bahwa KPU kekurangan dana, itu tidak masuk akal,” tandas Fransiskus yang juga anggota DPRD Kota Kupang itu.

Menyangkut rumor yang berkembang bahwa ada parpol yang ikut merekayasa perolehan suara parpol saat ini, dia membantahnya. “Memang awalnya saya sempat menduga seperti itu. Tetapi setelah saya cek di KPU, ternyata tidak ada permainan. Penghitungan suara itu sangat demokratis dan obyektif,” ujarnya.

Menyangkut kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dia mengatakan, selama ini ada protes masyarakat tentang kinerja lembaga ini. Namun, ia berharap Panwaslu melaksanakan tugas lebih serius lagi, agar tugas yang diembannya membawa hasil maksimal bagi kepentingan negara.

Ketua KPU Kota Kupang, Umbu Makambombu, yang hendak dikonfirmasi secara terpisah, Kamis (22/4), sekitar pukul 12.00 Wita, tidak berada di tempat. Menurut salah seorang staf di Kantor KPU setempat, Makambombu sedang keluar. Ketua Panwaslu Kota Kupang, Elty Silaban, S.H juga demikian. Ketika hendak dikonfirmasi tidak berada di tempat.

Sumber : (ans) Pos Kupang, Kupang


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Skoci Protes Lelang Proyek Dikdas
Artikel selanjutnya :
   » » Warga RW 22 Kel. Cibeureum Ancam Mengadu ke DPRD Jabar