Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
4
Feb '04

Diare Melanda Borme Papua, 38 Meninggal


Sekitar 1.800 orang penduduk Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, sejak dua pekan terakhir terserang diare dan 38 di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tigor Silaban yang dikonfirmasi wartawan di Jayapura, Rabu (4/2), membenarkan ribuan penduduk di pedalaman Papua tersebut telah terserang diare. Penduduk  yang terserang diare itu tersebar di sepuluh kampung dan dari jumlah penderita itu, 38 orang di antaranya meninggal dunia.

Ia mengakui, laporan mengenai kejadian luar biasa (KLB) itu telah diterima langsung dari tenaga perawat di Puskesmas Borme belum lama ini. “Kami telah kirim obat-obatan melalui petugas untuk memberikan perawatan kepada penduduk yang menderita diare,” katanya .

Diare itu disebabkan penduduk yang setiap hari mengonsumsi air mentah, sementara pada musim panas sumber air bersih menjadi sasaran binatang untuk merendam diri dan membuang kotoran sehingga penduduk yang mengkonsumsi terserang diare.

Petugas Puskesmas Borme belum lama ini menyatakan kekecewaannya karena setelah melapor kepada Kepala Dinas Kesehatan Papua ternyata hanya diberi uang Rp5 juta serta obat-obatan dalam jumlah sedikit sehingga tidak bisa menolong penderita.

Untuk menjangkau Borme, satu-satunya alat transportasi adalah dengan pesawat terbang jenis cessna milik misionaris, sementara pesawat twin otter milik MNA belum dioperasikan ke daerah itu.

Sumber : (Ant/nik)  KCM, Jayapura


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Rencana Pembenahan Transportasi di Surabaya
Artikel selanjutnya :
   » » Diarrhea-related ailments kill 38 in Papua