Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
14
Jun '03

RI Bawa Dua Masalah ke ILO [International Labour Organization]


Perwakilan tripartit Indonesia sepakat membawa masalah kemiskinan, diskriminasi kerja, serta tata cara penyelesaian perselisihan perburuhan pada sidang Organisasi Perburuhan Internasional ke-91 di Geneva, Swiss.

Menurut Ketua Delegasi Buruh Indonesia Rekson Silaban dari Geneva, Jumat (13/6), ketiga persoalan itu diungkapkan Mennakertrans Jacob Nuwa Wea saat berpidato di hadapan peserta sidang ILO.

Nuwa Wea, kata Silaban, menyebutkan persoalan kemiskinan tak hanya menjadi persoalan negara berkembang, namun juga tanggung jawab semua negara di dunia.

Untuk memerangi kemiskinan, pemerintah, masyarakat sosial, kelompok pekerja, dan pengusaha, mempunyai peranan penting. Caranya dengan memperbaiki kondisi investasi, meningkatkan pendidikan dan kesehatan, serta menjamin partisipasi yang lebih besar dalam menentukan kondisi kerja.

Berkaitan dengan itu, konferensi diminta menempatkan penanggulangan kemiskinan sebagai bagian integral dari tujuan dasar ILO. “Indonesia punya komitmen dalam menanggulangi kemiskinan dengan menyediakan pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Indonesia bahkan telah membuat rencana aksi nasional dan komite antardepartemen berkaitan dengan agenda ILO mengenai pekerjaan yang layak dan strategi penanggulangan kemiskinan.

Untuk itu, tahun 2001, Indonesia telah membentuk komite nasional penanggulangan kemiskinan yang bertujuan mengembangkan program penurunan kemiskinan. “Pembentukan komite karena penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas utama,” katanya.

Sumber : (ETA) Harian Kompas, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Kronologi Kemelut Indorayon
Artikel selanjutnya :
   » » Polisi Tangkap Tersangka Suami Bakar Istri