Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
14
Mei '03

Pekerja Inginkan Pemilihan Dirut Jamsostek Lewat ” Fit and Proper Test”


Serikat pekerja (SP) dan serikat buruh (SB) menginginkan pemilihan Direktur Utama (Dirut) PT Jamsostek dilakukan melalui proses fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan). Tanpa proses tersebut, Dirut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak akan peduli akan kesejahteraan pekerja karena mengemban misi organisasi atau partai tertentu.

Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Rekson Silaban, Selasa (13/5), mengatakan sejumlah SP dan SB minta DPR menguji kelayakan dan kepatutan calon dirut, bukan cuma dipilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) saja,” katanya.

Karyawan Jamsostek juga menolak calon dirut dari luar BUMN itu. “Sebaiknya dirut dan jajaran direksi orang dalam untuk menghindari penyimpangan dalam pengelolaan dana pekerja yang jumlahnya mencapai Rp 23 triliun,” kata Koordinator SP Humas Rizak Rangkuti.

Seperti diberitakan, Mennakertrans Jacob Nuwa Wea mencalonkan Irjen Depnakertrans Amrinal B sebagai dirut. Alasan pencalonan agar Amrinal segera mewujudkan pendirian Rumah Sakit Pekerja dan Bank Pekerja.

Sementara Rekso Silaban menambahkan, K-SBSI juga mendesak agar pemerintah dan DPR segera membahas perubahan UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. “UU itu tidak efektif lagi dipertahankan karena sangat lemah,” katanya.

“Sebaiknya, sebelum RUPS, UU itu sudah diganti sehingga pengelolaan dana pekerja semakin ketat. Bukan seperti sekarang pekerja belum menikmati hasil pengembangan usaha BUMN itu,” ujarnya.

Sumber : (ETA) Harian Kompas, Jakarta   


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Keterikatan Historis Membuat Ta Ina Luhu Selalu Hidup
Artikel selanjutnya :
   » » Rombak UU Jamsostek!