Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
20
Jan '03

Produseri Sendiri Albumnya


LANGKAH Reza di blantika musik pop Indonesia tampaknya makin mantap. Setelah sukses melempar dua album, Keajaiban dan Keabadian, dia makin percaya diri. Itu bisa dibuktikan lewat tingkat produktivitasnya dalam rekaman. November 2002 misalnya, dia nekat jalan sendiri membuat album terbaru berjudul Keyakinan. Album itu dirilis oleh Aquarius Musikindo. Selain menyanyi dan menulis lirik, Reza juga menjabat sebagai produsernya.

Dua album sebelumnya selalu ditangani Dhani Ahmad, pentolan kelompok Dewa. Ada apa? Apakah Reza kini merasa tak cocok lagi bekerja sama dengan Dhani? ‘’Ah, nggak kok. Waktunya saja yang sulit. Kalau mau menunggu Dhani, bisa-bisa album saya ini nggak selesai,'’ katanya berdalih.

Namun, lanjut Reza, tanpa menunggu Dhani pun sebenarnya penggarapan album ketiganya yang mengandalkan single Cinta Kita itu sudah memakan waktu cukup lama. Ditambah lagi, dia sebelumnya disibukkan pula oleh kelahiran anak keduanya. Akhirnya, waktu Reza, di samping mengurusi si buah hati, juga banyak tersita untuk menghubungi banyak musikus yang bakal mendukung album tersebut.

Jadilah album Reza kali ini jauh lebih beragam, jika dilihat dari banyaknya musikus dan pencipta lagu yang terlibat. Sebut saja misalnya Yudis Dwikorana, Denny Chasmala, Tohpati, Erwin Gutawa, Andi Rianto, Anto Hoed, dan Melly Guslaw. Mereka semua terlibat, bukan sekadar penyumbang materi lagu, melainkan juga terlibat penuh dalam penggarapan aransemen musiknya.

Lantas bagaimana kiat Reza untuk tetap mempertahankan karakter bernyanyinya dengan melibatkan banyak musikus tersebut? ‘’Saya tidak pernah menerima lagu begitu saja. Sebelumnya, saya selalu melakukan semacam workshop dengan mereka. Mereka adalah musikus senior dan teman-teman lama saya. Jadi, mereka sudah tahu persis bagaimana karakter saya,'’ ujar Reza mempertegas.

Di album yang direkam di Aquarius Studio, Musica Studio, dan Gins Studio Jakarta, itu Reza juga menyuguhkan kejutan. Di salah satu lagu ciptaan Sarah Silaban, dia menggandeng salah satu diva papan atas di Tanah Air, Titi DJ, untuk berduet melantunkan lagu ‘’Bisa Jadi'’. Menurut Reza, lagu itu unik, dan dia sangat suka. Orang yang pertama memberi lagu tersebut adalah Titi DJ. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Reza memutuskan untuk menyanyikan ‘’Bisa Jadi'’ berduet dengan diva papan atas itu.

Reza Artamevia Adrianan Eka Suci, nama lengkap Reza, mulai mengenal dunia tarik suara sejak 1985, sebelum menjuarai Lomba Lagu Anak-anak TVRI pada tahun yang sama. Setelah itu, deretan prestasi diraih penyanyi kelahiran Jakarta 29 Mei 1975 itu, mulai dari gelar juara I Panasonic Singer Contest 1993 hingga Penyanyi Solo Terbaik Kategori R&B versi Anugerah Musik Indonesia 1998.

Setelah sempat menjadi vokalis latar untuk Dewa, Reza merilis album debut garapan Ahmad Dhani berjudul Keajaiban, 1997. Dari album itu, melejit lagu ‘’Pertama'’ dan ‘’Satu yang Tak Bisa Lepas'’, yang membuat Reza berhasil meraih gelar Best Female Artist di MTV Video Music Awards, 1998.

Pada 2000, Reza mengeluarkan album kedua, Keabadian yang menghadirkan kolaborasi dengan penyanyi asal Jepang, Masaki Ueda, di lagu ‘’Biarlah Menjadi Kenangan'’ dan ‘’The Last Kiss'’.

Sumber : (C29/mmc-41t) Suara Merdeka


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Produseri Sendiri Albumnya”

  1. Tanggapan Yunus Darmadinata:

    Saya membutuhkan e mail Reza untuk penawaran lagu sosialistic & religius ciptaan saya yang mungkin cocok untuk Reza, mohon disampaikan kepada yang bersangkutan

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Sidang Lanjutan Kasus Theys - Penasihat Hukum Sampaikan Nota Keberatan
Artikel selanjutnya :
   » » Pengedar Obat Palsu Dibekuk