Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
14
Des '02

Dominasi Penyanyi Wanita di Peta Musik 2002


SOLIS cewek mendominasi pasar pop 2002. Melly Goeslaw —yang sebelumnya vokalis kelompok Potret, sukses begitu solo karir. Dibantu suaminya, Anto Hoed, lagu-lagu ciptaan Melly jadi best-cut album penyanyi-penyanyi puncak, dan ujungnya adalah soundtrack Ada Apa Dengan Cinta. Dikerjakan dengan deadline superketat —demikian pengakuannya— album yang melompatkan popularitas Anda Bunga dan Eric itu membuktikan sekali lagi, bahwa soundtrack bukan sekadar pelengkap film.

SETELAH tertunda dua tahunan, keluar juga album kedua Audy, bertitel 18. Lagu jagoannya Bila Saja, mendongkrak omset sampai 200 ribu, oleh para pengamat loncatan itu berkat klip yang bagus. Munculnya Audy di tahun 2002, diawali oleh rerun tembang romantis pernah dibawakan Asmi Asmodewati, Satu Jam Saja. Sehingga boleh diduga, sukses Bila Saja berikut album 18 merupakan gaung dari singel manis itu.

YANG juga diuntungkan oleh klip adalah Tere. Sejak klip pertamanya nongol di layar kaca, orang langsung bisa membaca kalau this definitely is a beginning of a new trend. Tren di mana solis cewek tak musti lagi berdandan anggun dan seakan out of reach, penyanyi pop Indonesia ‘boleh’ tampil kasual seolah teman curhat di kafe.

FENOMENA penyanyi cewek baru juga bikin lagu, dan berupaya merangkai manajemen yang baik, patut disupport. Sarah Silaban, lewat album Akhirnya… dengan best-cut Ya Sudahlah, yang beberapa syair lagunya ia bikin sendiri, mengaku tidak mentolerir minus-one. Maka dibentuklah band pengiring sendiri, yang setiap tampil di mana pun digotongnya kelompok musik itu.

KRIS DAYANTI tetap dianggap Divanya Indonesia, sebelum orang menyebut nama-nama lain yang belum tentu semua disepakati secara umum : Titi DJ, Reza, Rossa, Ruth Sahanaya, siapa lagi? Kriteria Diva di Indonesia belum jelas. Omset kaset-CD? Posisi lagu di top-chart, teknik vokal atau frekuensi show? Tapi bahwa KD adalah penyanyi terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2002, pendapat ini menggarisbawahi sekali lagi bahwa pasar musik kita sekarang ini masih bersubjek perempuan.

Konser tunggal KD di JCC Jakarta ‘menumbangkan’ Vanessa Mae yang manggung di malam yang sama. Konon sebagai presenter di KD Show Trans TV Nyonya Anang itu berhonor Rp 1,5 miliar untuk kontrak setahun, 52 episode.

Sumber : (abp) Minggu Pagi Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Minyak Tanah Menghilang Di Asahan
Artikel selanjutnya :
   » » Raden Saleh dan Perang Diponegoro