Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
12
Sep '02

Satlantas Dairi Lakukan Pungli - Supir Angkot Demo DPRD Dairi


Karena banyaknya pungutan liar (pungli) yang dilakukan anggota Satlantas Polres Dairi, supir mobil angkutan kota (Angkot) Sidikalang melakukan aksi demo ke gedung DPRD Rabu (11/9).

Seluruh Angkot mereka parkirkan di Jalan SM. Raja (depan gedung dewan). Akibatnya, aktivitas transportasi di kota itu lumpuh sekitar tiga jam, yakni mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00.

Pengunjuk rasa diterima Ketua DPRD Abidan Sinaga, Wakil Ketua Jhony Sihotang, Simon Sitanggang serta anggota Dahlan Sianturi dan P. Silaban dari komisi D yang membidangi perhubungan.

Saat pertemuan di ruang rapat dewan itu, hadir Kapolres AKBP Drs Gatta Chairuddin, SH, dan Kasat Lantas AKP Amri Harahap, SH. Sedangkan utusan pengunjuk rasa, R. Simbolon, E. Pandiangan dan A. Lumbantobing.

R. Simbolon, mewakili supir itu mengatakan, bila hari pekan (Sabtu dan Rabu) di Sidikalang, Angkot tidak dapat masuk terminal bus karena terminal padat dijejali para pedagang. Sehingga mereka menaikan/menurunkan penumpang di Jalan Dairi (Gerbang Pasi) yang sudah diberikan Pemkab Dairi sebagai terminal pembantu.

Tetapi menurut Simbolon, begitu para supir menaikkan/menurunkan penumpang di terminal pembantu tersebut, anggota Lantas Polres Dairi langsung memberikan tindakan tilang. Selain itu, menurut Simbolon, para supir Angkot itu sering dipukuli di simpang SPG oleh Satlantas. ‘’Bila kami tidak memberikan pungli, akibatnya fatal. Kami ditilang dengan dalih kesalahan ini dan itu,'’ ujar Simbolon.

Kasat Lantas AKP Amri Harahap, SH, yang hadir para pertemuan itu langsung memberi jawaban. Dia bilang, Polres Dairi sama sekali belum mengetahui Gerbang Pasi sudah diberikan Pemkab sebagai terminal pembantu. ‘’Barulah hari ini kami mengetahui Gerbang Pasi itu sudah diberikan Pemkab menjadi terminal pembantu,'’ ujar Harahap.

Menyinggung tentang pungli di simpang SPG yang dilakukan anggota Satlantas, Harahap menganjurkan agar jangan memberikan pungli itu. Yang memberikan dan yang menerima suap dapat dituntut.

‘’Lain kali bila ada anggota saya melakukan pungli jangan layani dan lapor ke saya. Polres Dairi pun dapat dipraperadilkan,'’ ujar Harahap. Sehingga para sopir kembali dengan tertib dan langsung menjalankan aktifitasnya.

Sumber : (cnm) Waspada Online, Sidikkalang


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Paul Siap ”Jual Beli” Pukulan
Artikel selanjutnya :
   » » Roy Targetkan Menang KO