Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
30
Jul '02

Pemilihan Ketua PDIP Diulang Dua Kali


Di Tengah Ketegangan, Dedi Hermawan Terpilih

Setelah mengalami masa status quo selama 1,7 tahun, akhirnya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Purwakarta mengulang Konferensi Cabang (Konfercab), Senin (29/7). Konfercab yang memilih Dedi Herawan sebagai Ketua DPC Kabupaten Purwakarta periode 2001-2006 itu, sempat diwarnai ketegangan dan unjuk rasa kader PDIP.

Pada konfercab yang berlangsung cukup menegangkan, Dedi memperoleh 16 suara. Sedangkan saingannya Udin S Artawijaya, kalah tipis yakni meraih 14 suara. Di luar Gedung PKK Purwakarta, tempat berlangsung konfercab, sejumlah kader parat berlambang banteng gemuk dalam lingkaran dari Kecamatan Campaka mendatangi lokasi tempat pemilihan. Dengan menggunakan alat pengeras suara, pimpinan rombongan meminta para perserta konferensi agar melaksankan pemilihah ketua secara demokratis.

Rombongan yang bersikeras me-masuki halaman dalam gedung, sempat bersitegang dengan sejumlah Satgas PDIP, karena massa berusaha meloncati pagar yang terbuat dari besi itu. “Kami datang ke sini meminta agar proses pemilihan Ketua DPC PDIP Purwakarta dilangsungkan secara demokratis,” ujar pimpinan pe-ngunjuk rasa.

Sejumlah sumber “PR” menyebutkan, ketua terpilih pada Konfercab PDIP DPC Purwakarta yang dilaksanakan pada November 2001, tak bisa membentuk kepengurusan. Kandidat Dedi Herawan yang saat itu memperoleh 17 suara, tidak diterima kemenangannya oleh kandidat Udin S Artawijaya yang memperoleh 14 suara. Kericuhan itu mengakibatkan kepengurusan DPC PDP Purwakarta status quo dan diserahkan kepada caretaker.

Dikhawatirkan kericuhan serupa terulang, maka konfercab kemarin dilaksanakan dengan pengamanan ekstra ketat. Pemilihan juga berlangsung dua kali. Dari hak pilih sebanyak 31, pada pemilihan sempat terjadi pemenang kembar, karena Dedi dan Udin sama-sama memperoleh 14 suara. Sedangkan tiga suara abstain.

Pimpinan sidang yang dipimpin Wakil Sekjen DPP PDIP Pramono Anung didampingi Rudi Harsa (DPD PDIP Jabar), Tardin, dan Ayip Vivananda mengulang pemilihan. Pada pemilihan ulangan itulah akhirnya Dedi Herawan tampil sebagai pemenang. Ketika hasil kemenangan diumumkan, massa yang berkumpul di luar halaman Gedung PKK pun membubarkan dan nampak bergembira.

Susunan pengurus

Adapun susunan pengurus DPC PDIP Purwakata periode 2001-2006 adalah Ketua Dedi Herawan, Wakil I Ketua Udin S Artawijaya, Wakil Ketua II Sumarjo, Wakil Ketua III Firmansyah, Wakil Ketua IV Lili Usma Dianto, dan Wakil Ketua V Taufik Hidayat. Sekretaris Ujang Kardiwan, Wakil Sekretaris I Amir dan Wakil Sekretaris II Asep Iskandar. Bendahara Sumihar Silaban dan Wakil Bendahara II Sutisna.

Pramono Anung dalam amanatnya usai pelantikan, mengatakan, konsolidasi kader PDIP di Purwakarta merupakan salah satu agenda yang harus ditempuh pengurus baru, terutama dalam memperbaiki kinerja partai. Ia mengimbau pihak yang kalah agar tidak melakukan penggembosan, tapi harus dapat bekerja sama dengan pengurus baru dalam memajukan partai.

Menyinggung kekalahan kader partainya dalam persaingan pemilihan kepala daerah, Pramono menjelaskan, masalah tersebut akibat tidak taatnya anggota partai yang duduk di lembaga legislatif dalam menjalankan keputusan partai. “Banyak anggota Fraksi PDIP yang tidak disiplin menjalankan amanat partai, menyebabkan bakal calon kepala daerah dari PDIP selalu kalah,” ujarnya.

Sumber : (A-86)*** Pikiran Rakyat, Purwakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Menilik Kasus Pembunuhan Orang Tua Terhadap Anak
Artikel selanjutnya :
   » » Mengapa Orang Batak Temperamental?