Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
5
Jan '02

Polres Bekasi Ringkus Kawanan Pencuri Mobil


Petugas reserse Polres Bekasi berhasil menangkap kawanan pencuri spesialis kendaraan bermotor roda empat, Jumat (4/1). Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita kendaraan hasil curian, tiga kendaraan jenis Kijang, serta satu buah Mitusbishi T 120.

Komplotan pencuri adalah dari Fredi Sirait, Hayanto Sihombing, Ramlan simbolon, Erson Galingging, Warsono, serta Windu Silaban. Komplotan ini biasa melakukan operasinya dengan mengincar kendaraan roda empat yang diparkir di halaman parkir Hero Mall Bekasi. Diduga keras, komplotan inilah yang merupakan pelaku pencurian kendaraan di tempat ini sebanyak tiga kali, yakni: pada 20 Oktober, 23 Oktober, dan 1 Desember 2001.

Dari pengakuan tersangka, dalam melakukan aksinya tersebut, komplotan ini membagi tugas di antara mereka. Biasanya Fredi Sirait bertindak sebagai pemetik, yang menagani pencurian kendaraan tersebut. Sedangkan kawan lainnya melakukan pengawasan terhadap situasi di sekitarnya pada saat operasi berlangsung.

Aksi yang dilakukan tersebut, hanya dengan bantuan kunci letter T tersebut. Komplotan ini rata-rata memakan waktu lima belas menit, lima menit mereka gunakan untuk melakukan pembukaan pintu mobil, serta sepuluh menit kemudian mereka sudah dapat melarikan mobilnya, tanpa diketahui oleh siapapun.

Setelah berhasil melakukan pencurian, mereka biasanya tidak menjualnya sendiri ke para pembeli. Namun biasanya lewat penadah, salah satunya adalah Serman Manurung.

Biasanya mereka menjual mobil hasil curiannya dengan harga yang variatif, ada yang dijual dengan harga Rp 10 juta sampai Rp 20 juta tergantung dari tahun mobil tersebut.

Dalam pengakuannya, Fredi Sirait, menyatakan lebih dirinya telah melakukan beberapa kali pencurian dengan Kijang sebagai sasaran empuknya. “Karena Kijang dapat lebih mudah dijual,” terangnya.

Menurut keterangan yang dikemukakan Kasat Serse polres Bekasi, AKP Didik Suyadi, keberhasilan para petugas Serse polres Bekasi ini tak lepas dari kerja sama dengan masyarakat yang menginformaasikan ciri-ciri para pelaku selama ini.

Kawanan pencuri tersebut berhasil dibekuk petugas di beberapa tempat secara terpisah yaitu di Bojong Rawa Lumbu (Bekasi Timur), Bojong Menteng, serta di kawasan Cawang (Jakarta Timur).

Sementara barang bukti yang dapat disita petugas adalah Kijang dengan nomor polisi B 1264 YZ, B 198 AP, B 2475 YH ,serta mobil Mitusbishi dengan nomor polisi D 1868 DE.

Sumber : () republika Online


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Elvin Marbun Pernah Jadi Sopir dan Kuli Bangunan
Artikel selanjutnya :
   » » Pemerintah AS Tawarkan Kerjasama Dengan Pemkot Surabaya